Modal Pakaian Perawat, Pria Ini 'Obok-Obok' Rumah Sakit dr Soetomo

Editor: Erwin Yohanes Narendra Bakrie / Reporter:

Petugas menunjukkan tersangka./Foto: Narendra Bakrie.

jatimnow.com - Tampang Eko Sudarwanto memang tak ada mirip-miripnya seperti perawat. Namun, pria 33 tahun asal Jalan Pacar Kembang Gg. VII Surabaya itu PD (percaya diri) saja saat keluar masuk ke ruang-ruang khusus di RSU dr Soetomo Surabaya.

Setiap kali masuk ke rumah sakit itu Eko selalu berseragam layaknya perawat di sana. Tujuan Eko cuma satu, agar bisa masuk ke ruang dokter kemudian mencuri apa saja benda berharga di sana. Sepanjang beraksi, awalnya aman-aman saja.

Namun, petaka akhirnya datang. Aksi Eko mencuri terekam CCTV yang terpasang disana. Ruang yang diobok-obok Eko yaitu ruang kerja Musa (22) seorang dokter muda disana. Tepatnya di ruang Rosella 2, RSU dr Soetomo Surabaya. Eko beraksi pada Kamis (31/5/2018) sekitar pukul 16.00 WIB.

Akibatnya, korban kehilangan 1 unit laptop merk Assus 15 inci warna hitam beserta charger dan tasnya. Laptop itu senilai Rp 7.800.000. Korban juga kehilangan dompet yang berisi STNK, SIM, KTP, KTM, kartu ATM serta uang tunai Rp 200 ribu.

"Setelah korban laporan, kami mencari keterangan di TKP berikut CCTV yang merekam aksi pelaku," sebut Kapolsek Gubeng, Kompol Sudarto, Selasa (5/6/2018).

Dari rekaman CCTV itulah, perawat gadungan tersebut teridentifikasi. Anggota Unit Reskrim Polsek Gubeng akhirnya disebar disetiap lorong yang ada di RSU dr Soetomo.

Beberapa hari disanggong, Eko tak kunjung datang ke rumah sakit ini. Tapi, pada Senin (4/6/2018) siang pukul 14.00 WIB kemarin, Eko muncul dengan pakaian perawat.

"Kami langsung amankan pelaku dan kita keler ke rumahnya. Kita dapati banyak barang bukti pencuriannya," beber Sudarto.

Barang bukti yang berhasil disita dari tangan tersangka, STNK, KTP, KTM, SIM, kartu ATM atas nama korban, uang tunai Rp 2,5 juta.

Uang tersebut didapat pelaku setelah menjual laptop milik korban. Disita pula pakaian perawat dan alat stetoskop, yang digunakan pelaku saat beraksi.

Dalam pengakuannya, pelaku awalnya coba-coba masuk ke RSU dr Soetomo untuk mencari sasaran. Karena mencari kesempatan mencuri, pelaku akhirnya berhasil mencuri baju salah satu perawat. Dimulai dari sana, pelaku dengan bebas melancarkan aksinya.

"Saya terpaksa Pak. Kepepet karena harus mengambil motor yang saya gadaikan. Motor itu milik teman saya," aku Eko.

Usut punya usut, ternyata motor yang digadaikan Eko itu merupakan motor yang digelapkannya. Eko takut bakal dipolisikan jika tidak menebus motor tersebut. Sehingga nekat menyamar menjadi perawat untuk memuluskan aksinya mencuri.

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter