Para Kader Lingkungan di Gresik Dilatih Mengembangkan Bank Sampah

Pelatihan untuk 25 kader lingkungan Desa Manyarejo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik yang digelar PT Cargill Indonesia

jatimnow.com - Sekitar 25 kader lingkungan Desa Manyarejo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik mendapat pelatihan Pengembangan Bank Sampah dan Desa Hijau Lestari yang diselenggarakan PT Cargill Indonesia.

Dalam kegiatan yang digelar Sabtu (20/3/2021) itu, PT Cargill Indonesia melalui program CSR menggandeng Bank Sampah Induk Bersemi dan tim Wehasta, memberikan pelatihan teknis manajemen bank sampah kepada kader-kader lingkungan.

Nantinya, kader lingkungan itu diharapkan dapat membentuk bank sampah unit di setiap RT masing-masing. Tujuannya untuk menaikkan reduksi sampah nonorganik dari timbunan awal, kemudian mereduksi sampah organik melalui rumah kompos dan penambahan penghijauan guna menciptakan masyarakat desa mandiri, khususnya di bidang tata kelola lingkungan.

Admin and Relations Manager PT. Cargill Indonesia, Adi Suprayitno mengatakan, pihaknya terus mengajak masyarakat untuk meningkatkan tata kelola lingkungan agar lebih bersih, asri dan juga bernilai ekonomi.

"Pengembangan Bank Sampah dan Kawasan Rumah Pangan Lestari cocok untuk masyarakat. Hal itu dikarenakan kedua hal tersebut berbentuk Ecopreneurship, yaitu upaya tata Kelola lingkungan yang juga memberikan pendapatan ekonomi kepada masyarakat," ungkap Adi.

Adi melanjutkan, masyarakat juga bisa menjual sampahnya ke Bank Sampah dan bisa merasakan manfaat penghijaun melalui skema Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) seperti tanaman buah dalam pot (tabulampot) dan tanaman sayur di area pemukiman.

"Guna mendukung program ini, kami menyediakan transportasi pengangkut sampah serta penambahan penghijauan melalui skema KRPL," tambahnya.

Adi menambahkan, kegiatan ini diharapkan menjadi community center program, yaitu pemberdayaan masyarakat lanjutan menuju kemandirian wilayah desa di berbagai bidang diantaranya lingkungan, ekonomi, nutrisi, sanitasi dan komunikasi.

Sementara Kasi Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik, Umaya mengapresiasi PT. Cargill Indonesia yang dinilai mampu mensinergikan antara masyarakat, pemerintah dan swasta untuk bersama-sama menanggulangi sampah dan menciptakan lingkungan yang bersih, asri dan lestari.

"Semoga hal ini bisa ditularkan ke pihak-pihak swasta lainnya di wilayah Manyar dan Gresik," harapnya.

Sejalan dengan fokus tanggungjawab sosial PT. Cargill Indonesia dalam pilar 'protecting our planet', pengembangan bank sampah dan desa hijau lestari tersebut juga akan mengkampanyekan penghematan, pendayagunaan dan pelestarian lingkungan.

Loading...

Juga penanganan pemanasan global dalam rangka turut serta mensukseskan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 yaitu aksi memerangi perubahan iklim dan dampaknya.

Program itu tentunya juga akan dikembangkan di Desa Manyar Sidomukti, Manyar Sidorukun dan desa-desa lainnya di Kecamatan Manyar dan sekitarnya.

Berita Terkait