Kapolda Jatim Minta Pramuka Zaman Now Jauhi Informasi Hoax

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin diapit Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu Sri Bintoro dan Bupati Suyoto

jatimnow.com - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin berbaur dengan peserta Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Daerah Jawa Timur tahun 2018. Wejangan atau pesan khusus diberikan untuk anggota Pramuka di era milineal ini.

"Saya ingin mengingatkan adik-adik sekalian bahwa, memasuki era milenial, di mana arus globalisasi dan penyebaran infomasi melalui teknologi informasi sangatlah masiv," kata Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin saat membuka Pertikara Daerah Jawa Timur Tahun 2018 di Bojonegoro, Sabtu (3/3/2018).

"Sebagai generasi muda, saya berpesan kepada adik-adik, untuk menjauhi narkoba. Serta mewaspadai penyebaran berbagai pemberitaan yang bersifat hoax, ujaran kebencian (hate speech), maupun isu-isu lainnya yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya.

Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, Tahun 2018 adalah tahun politik di Jawa Timur. Karena ada 19 pemilihan kepala daerah serentak (Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta 18 pilkada kabupaten dan kota).

Menurutnya, di tahun politik ini, tidak menutup kemungkinan ada pihak-pihak tertentu yang tidak menginginkan Pilkada di Jawa Timur berjalan aman dan sukses.

"Oleh karena itu, saya mengimbau adik-adik sekalian, untuk selektif dan tidak menerima mentah-mentah informasi yang beredar di media sosial," ujarnya.

"Pilihlah sumber informasi yang kredibel dan dapat dipercaya," jelasnya.

Kapolda arek Suroboyo asli ini menambahkan, jangan menggunakan media sosial untuk hal-hal yang tidak produktif. Apalagi digunakan untuk mencela, memprovokasi, merendahkan serta menebar kebencian kepada orang lain.

"Jangan sampai terjadi pada anak-anak bangsa khususnya di Jawa Timur melakukan perbuatan melanggar hukum itu," pesannya.

"Akan lebih baik jika kita memanfaatkan kemajuan teknologi informasi sebagai sarana untuk berkompetisi secara positif, baik tataran nasional maupun internasional," tambah Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin

Ia mengajak pramuka dan generasi milenial lainnya, untuk menyebarkan pesan-pesan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas). Serta menyebarkan informasi positif lainnya kepada masyarakat. Ikut menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan melalui ruang-ruang pergaulan di dunia maya maupun dalam kehidupan sehari-hari.

"Ingat, kemerdekaan yang kita nikmati saat ini berhasil diraih karena seluruh generasi muda dan elemen bangsa bersatu, dengan mengesampingkan perbedaan untuk maju bersama mencapai tujuan bangsa," tegasnya.

Pertikara Daerah Jawa Timur Tahun 2018 di Bojonegoro yang dihadiri Bupati Suyoto dan Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu Sri Bintoro  ini mengusung tema 'Dengan revolusi mental dan publik wujudkan generasi yang berkarakter, tangguh, sehat dan bersahabat'.

Reporter: Rois Jajeli
Editor: Budi Sugiharto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter