Hilal di Surabaya Belum Tampak, 1 Ramadan Tunggu Putusan Pusat

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Ni'am Kurniawan

Rukyatul Hilal di lantai 55 One Icon Residence, Jalan Tunjungan, Surabaya

jatimnow.com - Penetapan 1 Ramadan 1442 Hijriyah melalui pantauan hilal di One Icon Residence Jalan Tunjungan, Surabaya belum bisa ditetapkan. Buruknya cuaca menjadi faktor utama hilal tidak bisa terlihat.

"Sesuai dua orang saksi bahwa dua orang saksi melaporkan pada menjelang sore ini tidak dapat melihat hilal," ujar Hakim Pengadilan Agama Surabaya, Tamat Zifudin, Senin (12/4/2021).

Zifudin menambahkan, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk menunggu pengumuman dari pemerintah pusat lewat sidang isbat. Menurutnya, sidang isbat akan segera digelar pemerintah dan penetepannya bisa dilihat sekitar pukul 19.00 Wib.

"Untuk penentuan satu ramadan menunggu pemerintah secara resmi. Nunggu pleno di pemerintah pusat, berdasarkan rukyatul hilal di seluruh wilayah," ungkapnya.

Sementara Kepala Kemenag Kota Surabaya, Husnul Marom menyebut bahwa tempat pemantauan hilal di Surabaya ini cukup ideal karena berada di titik tertinggi.

"Tempat ini adalah pertama yang dijadikan untuk rukyatul hilal dan ini sangat pantas dan layak untuk dijadikan tempat pendidikan dan pelatihan untuk melihat rukhayul hilal," tambah dia.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter