KPK Geledah Ruang Kerja Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, Ini yang Dibawa

Editor: REPUBLIKA.co.id / Reporter: REPUBLIKA.co.id

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin (Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar)

jatimnow.com - Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan ruangan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin di Gedung Nusantara III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Dari peggeledahan yang sudah berlangsung hampir dua jam, dua buah koper dibawa oleh para penyidik KPK.

Berdasarkan pantauan Republika, terlihat satu penyidik membawa koper berwarna biru. Penyidik itu membawa koper dari ruangan dengan dikawal satu aparat kepolisian.

Berselang 10 menit kemudian, penyidik KPK lainnya membawa satu koper lainnya berwarna hitam. Mereka langsung bergegas membawa dua koper ke dalam mobil dan meninggalkan gedung DPR RI. Hingga pukul 20.00 Wib, penggeledahan masih berlangsung.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Habiburokhman membenarkan bahwa KPK menggeledah ruang milik Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Dia pun datang untuk mendampingi proses tersebut.

"Tadi ada dari KPK periksa ruangan Pak Azis sesuai tupoksi MKD kami mendampingi," ujar Habiburokhman di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan Republika, sejumlah penyidik KPK tiba sekira pukul 18.05 Wib. Para penyidik sempat tertahan di lobi Gedung Nusantara III dan berdiskusi dengan perwakilan dari Sekretariat Jenderal DPR RI.

Hingga akhirnya, mereka diizinkan masuk ke dalam lift Gedung Nusantara III untuk naik ke lantai atas. Namun, belum diketahui secara pasti ruangan mana yang dituju oleh penyidik KPK itu.

Pihak KPK juga sudah membenarkan penyidiknya tengah melakukan penggeledahan di Gedung Nusantara III kompleks parlemen DPR RI. Penggeledahan dilakukan di ruang Wakil ketua DPR RI, Azis Syamsudin.

"Benar, tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di Gedung DPR RI," kata Plt Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri di Jakarta pada Rabu (28/4/2021).

Ali mengatakan, penggeladahan dilakukan dalam rangka pengumpulan bukti-bukti terkait perkara dimaksud. Nama, Azis Syamsudin belakangan gencar disebut terkait perkara suap terhadap salah satu penyidik KPK, Stepanus Robin Pattuju (SRP).

"Saat ini kegiatan sedang berlangsung dan untuk perkembangan selengkapnya akan kami informasikan kembali," tandasnya.

 

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter