Wow, Pedagang Melon di PIOS Juga Pasok Pasar Grosir Jakarta

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Sahlul Fahmi

Salah satu pedagang di PIOS, Sunoto

jatimnow.com - Bagi Sunoto, berdagang buah melon di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS), merupakan komoditi utama dalam bisnisnya. Hampir tiap hari dia mendapat pasokan buah melon dari berbagai daerah di Jawa Timur.

"Saya memang fokus bisnis melon. Jaringan saya sudah tersebar di semua daerah Jawa Timur dan sebagian lagi di Jawa Tengah," tutur Sunoto, Kamis (29/4/2019).

Dalam bisnisnya, Sunoto langsung memborong hasil panen petani dalam skala besar. Hal itu wajar. Sebab selain berjualan di PIOS, dia selalu memasok buah melon ke sejumlah pasar grosir di Jakarta.

"Saya punya punya rekanan di setiap daerah yang tugasnya memberi informasi petani yang akan panen. Kalau informasinya valid saya langsung meluncur ke daerah tersebut," terang Sunoto.

Dalam sekali borong, Sunoto bisa mendapatkan puluhan ton melon. Selain dibawa ke PIOS, melon yang diborong langsung dari petani itu juga dikirim ke pasar grosir di Jakarta.

"Barusan ini saya borong lahan melon di Tuban seluas satu hektar. Dapatnya sekitar 70 ton, yang 40 ton masuk PIOS. Sedang yang 30 ton saya kirim ke Jakarta," papar dia.

Selain memborong melon dari daerah di Jawa Timur seperti Banyuwangi, Jember, Situbondo, Nganjuk, Tulungagung, Ngawi, Bojonegoro dan Tuban, Sunoto juga kerap memborong hasil panen petani melon Jawa Tengah hingga Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

"Di mana saja yang penting ada petani melon yang panen. Dan untuk proses panen saya selalu memberdayakan masyarakat setempat," pungkasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter