Jelang Lebaran, Harga Bawang Putih di PIOS Stabil

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

jatimnow.com - Mendekati Hari Raya Idul Fitri, harga bawang putih di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) cenderung stabil.

Harga yang tidak bergejolak itu karena melimpahnya stok bumbu penyedap masakan yang juga ampuh buat menjaga kesehatan di pasar induk yang berada di Benowo, Surabaya itu.

Dari pantauan jatimnow.com di pasar grosir yang dikelola oleh Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) itu, stok bawang putih melimpah di lapak-lapak pedagang.

"Stok bawang putih lagi banyak, kondisinya juga masih segar. Belum lama bongkarnya," kata salah satu pedagang bawang putih di PIOS, Soni, Selasa (4/5/2021).

Pedagang asal Sumatera Barat itu mengungkapkan jika ada dua jenis bawang putih yang tersedia di lapaknya. Pertama adalah shin chung dan kating.

"Kalau saat ini harga bawang putih shing chung Rp 18,5 ribu per kilogram. Kalau yang kating sedikit lebih mahal Rp 19,5 per kilogram," paparnya.

Menurutnya, harga tergolong stabil karena saat Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi berkunjung ke PIOS pada 20 April 2021 harga bawang putih kating masih berada di kisaran Rp 17 ribu.

"Prediksi saya tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan jelang lebaran. Selain stoknya cukup, permintaan pasar juga relatif tak ada lonjakan yang tinggi," pungkas Soni.

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter