20 Kendaraan yang Masuk Ponorogo Melalui Wonogiri Dipaksa Putar Balik

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Anggota Satlantas Polres Ponorogo menghalau kendaraan

jatimnow.com - Terdapat 20 kendaraan berpelat nomor luar Ponorogo dipaksa putar balik di perbatasan Ponorogo, Jawa Timur-Wonogiri Jawa Tengah (Jateng), Rabu (5/5/2021).

Kasat Lantas Polres Ponorogo, AKP Indra Budi Wibowo mengatakan, kendaraan yang diminta putar balik itu terdiri dari roda empat pribadi, roda dua, satu travel tanpa penumpang.

"Ini tadi ada 20 kendaraan yang kami minta putar balik. Semua pelat luar kota," ujar Indra.

Indra menyebut, pengetatan jelang larangan mudik itu mengacu pada Permenhub Nomor 13 Tahun 2021m addendum Kepala Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tentang tahapan pelarangan mudik 22 April sampai 24 Mei 2021.

"Jadi larangan mudik dibagi menjadi tiga tahapan. Pada 22-5 April pengetatan, seperti yang kami lakukan hari ini," ungkapnya.

Menurut Indra, dalam tahap itu, kendaraan berpelat nomor non-AE boleh masuk ke Ponorogo. Syaratnya harus menunjukan surat kesehatan, tes PCR, rapid antigen ataupun genose.

Kasat Lantas Polres Ponorogo, AKP Indra Budi WibowoKasat Lantas Polres Ponorogo, AKP Indra Budi Wibowo

"Untuk tahap dua, yaitu 6 sampai 17 Mei 2021, bertepatan dengan Operasi Ketupat Semeru 2021 full pengetatan. Jadi non-AE tidak boleh yang masuk maupun keluar dari Ponorogo," tambahnya.

Meski begitu, pada tahap kedua ini, untuk kendaraan tertentu seperti kendaraan dinas, muatan logistik, angkutan BBM, tujuan khusus kedinasan masih diperbolehkan masuk.

"Juga masyarakat yang memiliki kegiatan emergency, seperti ada keluarga meninggal, istri melahirkan. Itu pun harus menunjukan surat dari kelurahan," tambahnya.

Sementara tahap ketiga pada 18 hingga 24 Mei 2021, semua kendaraan boleh masuk, dengan penumpangnya menunjukan surat sehat.

Untuk larangan mudik lebaran 2021, lanjut Indra, yang menjadi atensi adalah travel gelap.

"Kalo ketahuan, penumpang disuruh kembali, kendaraan diamankan selama dua bulan dan ditilang," terangnya.

"Ini tadi ada satu travel. Namun tidak mengangkut penumpang, sehingga hanya kami minta putar balik," tegas Indra.

Di Ponorogo, penyekatan terdapat dua titik, yaitu titik Ponorogo-Wonogiri dan Ponorogo-Trenggalek.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter