Cegah Warga Kota Pasuruan Mudik, Pemkot Gelar Lomba Burung Berkicau

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Moch Rois

jatimnow.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan mengadakan uji coba lomba burung kicau dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat di Pasar Burung Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Sabtu (8/5/2021).

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengatakan lomba itu guna mencegah dan mengantisipasi warga agar tidak mudik.

"Uji coba acara lomba kicau burung ini bagian dari program 'Bahagia di Kota Pasuruan' untuk mencegah warga mudik. Acara ini bisa terlaksana setelah penyelenggara, segenap peserta, pengunjung, penonton, menandatangani kesediaan untuk taat protokol kesehatan," jelasnya.

Saat acara, terlihat ada 2 orang yang tidak menggunakan masker. Orang tersebut kemudian ditegur dan diberikan masker.

Gus Ipul memperingatkan jika kalau ada orang tetap tidak menggunakan masker, harusnya tidak diperbolehkan masuk di area lomba kicau burung.

"Tingkat ketaatan sampai sekarang lumayan lah, ini sekaligus kita mengedukasi, sekaligus kita mengajak membangun kesadaran, bahwa ini penting, untuk semuanya bisa berjalan. Saya bersukur uji cobanya sukses," ungkapnya.

Gus Ipul menegaskan jika dalam gelaran lomba burung ini terus menaati protokol kesehatan, maka dipastikan kegiatan akan berlangsung kembali.

Tetapi bila tidak mentaati, Tim Satgas Covid 19 di tingkat kecamatan tidak segan-segan membubarkan acara lomba kicau burung.

"Selain hobi kesenangan, ada ekonomi yang bergerak. Jurinya dapat, tukang jualan pakan dapat, para pengerajin sangkar burung dapat, yang jualan kopi di sekitar sini kalau buka puasa ya dapat. Semua dapat," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter