Tradisi Barong Ider Bumi Digelar dengan Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Editor: Redaksi / Reporter:

jatimnow.com - Warga Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi menggelar tradisi Barong Ider Bumi di tengah Pandemi Covid-19.

Acara ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan tertutup untuk warga umum, Jumat (14/5/2021) sore.

Ada 12 personil Barong Ider Bumi beserta penabuhnya yang didampingi oleh 10 orang satgas Covid kecamatan untuk mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Tidak hanya itu, beberapa orang juga menggunakan pakaian APD lengkap melakukan penyemprotan di sepanjang jalan yang dilalui oleh Barong.

Tradisi Barong Ider Bumi sendiri digelar pada tanggal 2 Syawal atau lebaran hari ke-dua. Tradisi ini diyakini oleh masyarakat sekitar dapat mengusir pagebluk atau mara bahaya. Barong berjalan berkeliling keempat penjuru desa.

Menurut tokoh adat setempat, Suhaimi, ritual ini harus tetap dilaksanakan karena ini merupakan warisan dari tradisi leluhur. Meski tradisi ini digelar di masa pandemi, kata dia, tidak mengurangi kesakralan ritual Ider Bumi.

"Kami menggelar ritual sesuai adat kami, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kami harap, dengan ini Desa Kemiren serta Banyuwangi dapat segera "terbebaskan" dari pagebluk Covid-19," kata Suhaimi.

Ditambahkan dia, pada pandemi ini kegiatan ritual adat Barong Ider Bumi ini digelar lebih sederhana dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Bila biasanya ratusan warga desa berbondong-bondong mengikuti arakan Barong, namun kini hanya personel inti Barong yang berkeliling desa.

"Kita lakukan dengan sederhana. Biasanya ratusan orang yang ikut. Tapi saat ini hanya beberapa orang saja yang ikut," tambahnya.

"Selain juga Nyekar di Buyut Cili, leluhur yang diyakini membuka desa Kemiren," imbuhnya.

Ditambahkan oleh Kepala Desa Kemiren, M. Arifin, pihaknya telah membentuk Satgas untuk mengantisipasi kemunan saat arak-arakan berlangsung.

Selain itu, selama kegiatan arak-arakan Barong, juga ada petugas yang menyemprotkan disinfektan sepanjang kegiatan berlangsung.

"Kita juga membentuk Satgas yang mengawal arak-arakan Barong. Ada juga yang memberikan imbauan patuhi prokes selama berlangsung ritual Ider Bumi," tambahnya.

Para pelaku Barong Ider Bumi pun juga mematuhi protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah belangsungnya acara.

"Protokol kesehatan juga kita terapkan untuk personel Barong. Mulai dari penabuh hingga pembawa Barong dan pitik-pitikan," pungkasnya.

Warga berharap, kata dia, adanya Barong Ider Bumi bisa segera meredakan kasus Covid-19 di Banyuwangi.

"Harapannya, semoga pandemi Covid-19 segera berakhir, karena sangat berdampak pada masyarakat kami," pungkasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter