Dua PMI Terinfeksi Covid-19 Varian Baru Dirawat di RSLI, Begini Kondisinya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Zain Ahmad

Ilustrasi Covid-19 (Foto: www.freepik.com)

jatimnow.com - Dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terinfeksi Covid-19 varian baru masih dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya.

"Masuk tanggal 11 (Mei 2021). Keesokan harinya langsung kita kirim sampelnya ke ITD dan Balitbangkes di Jakarta," ujar Penanggungjawab RSLI, Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Selasa (18/5/2021).

Menurut dr Nalendra, kedua pasien masih menjalani perawatan. Mereka diisolasi di ruangan yang berbeda dengan PMI lainnya yang juga positif Covid-19.

"Kita pisahkan dengan teman-teman yang dulu. Kita pisahkan tersendiri. Tujuannya untuk mencegah terjadi penularan yang kita takutkan dan resikonya juga berat," jelas dr Nalendra.

Terkait kondisi pasien, dr Nalendra memastikan keduanya stabil. Sebab daya tubuh pasien sangat baik.

"Alhamdulillah sekarang mereka ada yang negatif dua kali pemeriksaannya. Tetapi kita menunggu sampai hari ke-14," paparnya.

dr Nalendra mengimbau kepada masyarakat untuk terus patuh terhadap protokol kesehatan (prokes). Karena sekarang, vaksinasi Covid-19 masih dalam proses. Kekebalan kelompok secara keseluruhan belum terbentuk. Pihaknya tidak ingin kejadian di India terjadi di Indonesia.

"Apa yang bisa kita dapatkan dari India adalah mereka abai dengan protokol kesehatan. Karena mereka euforia dalam kondisi sudah divaksin dan masa bodoh," ungkapnya.

"Jadi 70 persen mereka lakukan vaksinasi. Ada varian baru terus abai ya dampaknya seperti itu. Kita tidak menginginkan itu, makanya ada varian baru seperti ini apa yang kita lakukan? Teman-teman di sini membuat protokol kesehatannya, panduan klinisnya ada kita buat, sehingga ada varian baru langkah-langkahnya sudah ada semuanya," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter