jatimnow.com
8 Daerah di Jatim Terdampak Gempa Blitar: Rumah Rusak hingga Warga Terluka

Data dampak gempa Blitar (Foto: BPBD Jatim)

jatimnow.com - Gempa di Blitar Magnitudo 6,2 yang dimutakhirkan jadi 5,9 menyebabkan kerusakan sejumlah rumah dan korban luka-luka. Dari data terbaru BPBD Jatim, terdapat 8 daerah di Jatim yang terdampak.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim per pukul 12.00 Wib, Sabtu (22/5/2021), kerusakan akibat gempa itu terjadi di Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten Lumajang, Kabupaten dan kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Jember serta Kabupaten Kediri.

Plt Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim, Yanuar Rachmadi menyebut, kerusakan terparah terjadi di Kabupaten Blitar. Dari pendataan yang dilakukan, di kabupaten ini terdapat 103 rumah rusak, ditambah satu orang luka berat.

Disusul Kabupaten Pasuruan sebanyak 29 rumah yang mengalami kerusakan. Namun hingga kini belum ada laporan korban jiwa.

"Ini masih akan ada update kembali," terang Yanuar saat dihubungi jatimnow.com, Sabtu (22/5/2021).

Menurut Yanuar, dampak kerusakan juga terjadi di Kabupaten Malang sebanyak 27 rumah serta satu warga mengalami luka ringan. Lalu Kabupaten Lumajang sebanyak 19 rumah, disusul Kota Blitar sebanyak 4 rumah, Kabupaten Kediri 3 rumah serta Kota Malang, hanya 1 rumah.

"Sejauh ini, BPBD Jatim telah menugaskan TIM TRC untuk melakukan asesmen dan koordinasi di lapangan. Kita juga berkoordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota," tandasnya.

Loading...

Berita Terkait