Pelantikan Pejabat Pemkot Pasuruan: Digelar Malam di Pasar hingga Diguyur Hujan

Prosesi pelantikan pejabat Pemkot Pasuruan digelar di bawah guyuran hujan

jatimnow.com - Hujan deras mengiringi prosesi pelantikan pejabat tinggi utama Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan. Wali kota dan peserta pelantikan bergeming dan mengikutinya sampai tuntas.

Pelantikan di bawah guyuran hujan itu digelar di area Pasar Gadingrejo, Kota Pasuruan sekitar pukul 21.00 WIB, Sabtu (12/6/2021). Pelantikan juga disaksikan pedagang dan pengunjung pasar serta masyarakat sekitar.

Saat hujan mengguyur, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul memilih melanjutkan prosesi pelantikan bersama para pejabat pemkot dan meminta tamu, undangan serta Satpol PP untuk berteduh.

"Kami dan pejabat yang dilantik akan tetap di sini. Untuk yang lain boleh minggir. Bu Sekda Kota Probolinggo dan Pak Sekda Kabupaten Pasuruan tolong dikawal untuk berteduh. Apa kalian (peserta pelantikan) siap?" jelas Gus Ipul.

Mendapat pertanyaan dari Gus Ipul, Sekda Kota Pasuruan terpilih dan 7 pejabat pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) menyanggupinya.

"Siap," ujar mereka kompak.

Usai acara, Gus Ipul mengatakan jika prosesi pelantikan ini sangat spesial, karena digelar di tengah guyuran hujan dan disaksikan para pembeli serta pedagang pasar di malam hari.

"Saya memilih tempat ini bukanlah tanpa alasan, ada pesan yang ingin saya sampaikan kepada Pak Sekda dan pejabat baru lainnya. Pasar adalah salah satu pusat perekonomian di Kota Pasuruan. Saya ingin pasar menjadi salah satu representasi dari program maju ekonominya. Pedagang dan pembeli butuh sarana prasarana yang baik," jelas Gus Ipul.

Terkait kenapa dilaksanakan pada hari Sabtu serta malam hari atau di luar jam kerja aktif, Gus Ipul menegaskan bila semua itu untuk menunjukkan bahwa aparatur sipil negara (ASN) dalam melayani masyarakat tidak harus terpaku pada jam kerja atau hari kerja.

"Manuk Gelatik nang dukur watu, mari dilantik ojo sampek turu (setelah dilantik jangan sampai tidur)," tutur Gus Ipul berpantun.

Untuk diketahui, Sekda Kota Pasuruan dijabat oleh Rudiyanto, mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan. Lalu Sahari Putro yang sebelumnya Kabag Administrasi Pemerintahan dilantik sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Umum.

Basuki sebelumnya Kabid Penanaman Modal DPMPTSP dilantik sebagai Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Gustap Purwoko sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas PUPR dilantik sebagai Kepala Dinas PUPR Kota Pasuruan.

Yanuar Afriansyah sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Satpol PP dilantik sebagai Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Supriyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Purworejo dilantik sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah.

Loading...

Titrit Satriana sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, Pertamanan dilantik sebagai Kepala Dinas Perpusatakan dan Kearsipan. Nur Fadholi sebelumnya menjabat Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Satpol PP dilantik sebagai Kepala Satpol PP.

"Mereka ini hari siap panas, siap hujan, siap dingin, harus siap. Jadi para pejabat yang baru saja dilantik sudah dinyatakan sehat, maka harus kerja pagi, siang, malam. Makanya tadi ketika hujan tidak saya ajak minggir, kita lanjutkan. Ya alhamdulillah kehujanan, tapi gak papa," tandas Gus Ipul.

Berita Terkait