Pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan KH Nawawi Abdul Djalil Tutup Usia

Editor: Redaksi / Reporter:

Pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan, KH Nawawi Abdul Djalil (Foto: Dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri Pasuruan KH Nawawi Abdul Djalil tutup usia, Minggu (13/6/2021).

"Innalillah wa inna ilaihi roji'un...Telah wafat KHA. Nawawi Abd. Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri. Hari ini Ahad, 13 Juni 2021, sekitar 16.40 wib. Semoga beliau disandingkan bersama pendahulunya para wali Allah dan sholihin," demikian kabar tertulis yang beredar di sejumlah grup WhatsApp.

"Informasi wafatnya KH Nawawi Abd Djalil itu benar," ujar putra almarhum KH Nawawi, KH Cholil Nawawi.

Menurut Kiai Cholil, KH Nawawi meninggal dunia di RSUD Bangil sekitar pukul 16.40 Wib, karena sakit asam lambung dan tifus.

Kabar duka dari Ponpes Sidogiri Pasuruan itu juga didengar Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad. Kata dia, rencananya jenazah KH Nawawi akan dimakamkan di pemakaman keluarga di komplek Ponpes Sidogiri Pasuruan.

"Saya belum tahu jam berapa pemakamannya. Rencananya dimakamkan di Pondok Pesantren Sidogiri," jelas Sadad yang juga alumni santri Ponpes Sidogiri itu.

Dari informasi yang dihimpun, Kiai Nawawi lahir dan dibesarkan di Ponpes Sidogiri, putra dari KH Abd Djalil bin Fadhil, yang syahid pada saat Agresi Militer Belanda pertama, Tahun 1947.

Ibu KH Nawawi yakni Nyai Hanifah putri dari KH Nawawie bin Nurhasan. KH Nawawie dikenal sebagai kiai yang sezaman dengan Hadrotussyaikh KH Hasyim Asy'ari. Keduanya, dalam beberapa catatan, intensif berembuk tentang pendirian organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

Menurut beberapa sumber, lambang di logo NU yang dibuat longgar itu ide KH Nawawie, menandakan fleksibilitas. Dalam buku-buku sejarah NU, nama KH Nawawie biasanya tertulis KH Mas Nawawie Pasuruan.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter