Puncak Arus Mudik Melalui Pelabuhan Ketapang Diprediksi Malam ini

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Pemudik dari Pulau Bali yang menyebrang di Pelabuhan Ketapang/Foto: Hafiluddin Ahmad

jatimnow.com - Puncak arus mudik di pelabuhan Ketapang Banyuwangi diprediksikan terjadi mulai malam nanti hingga esok, atau H-2 Idul Fitri 1439 Hijriah.

Salah satu alasannya karena para karyawan yang bekerja di Pulau Bali telah memasuki hari libur sekolah dan libur kerja bagi karyawan swasta.

GM ASDP Ketapang, Elvi Yoza mengatakan, selain telah memasuki libur panjang berdasarkan data dari pelabuhan Gilimanuk Bali, terdapat 57 persen pemudik yang telah mudik. Sisanya sebesar 43 persen dari total 68.182 penumpang masih belum melakukan penyeberangan.

"Kami perkirakan jumlah tersebut akan meningkatkan 4 sampai 5 persen dibanding tahun sebelumnya," kata Elvi di kantornya, Selasa (12/6/2018).

Meski demikian, pihaknya tetap mengoperasikan 32 kapal dan menambah jumlah trip (perjalanan) kapal menjadi 9 kali.

"Untuk puncak arus mudik, kami memprediksi terjadi malam ini hingga besok karena sudah mulai libur kerja dan sekolah," ujarnya.

Sedangkan apabila terjadi penumpukan penumpang ataupun kendaraan, pihaknya akan mengoperasikan KMP Drajat Paciran yang memiliki daya angkut jumlah besar.

"Untuk saat ini, KMP Drajat Paciran stanby di Pelabuhan Ketapang. Kalau dibutuhkan akan kita operasikan untuk mengurangi jumlah penumpukan," tandasnya.

 

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter