Puji Terminal Purabaya, Sekjen Kemenhub: Bisa Jadi Percontohan!

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Sekjen Kemenhub Djoko Sasono Memantau Kondisi Angkutan Mudik di Terminal Purabaya/Foto: Arey Saputra

jatimnow.com - Guna memastikan kelancaran mudik, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono memantau kondisi Terminal Purabaya pada Selasa (12/6/2018).

Beberapa tempat yang dikunjungi antara lain, Bandara Juanda, Terminal Purabaya, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Stasiun Pasar Turi.

Djoko tiba di Terminal Purabaya sekitar pukul 14.30 Wib dan langsung melaksanakan tinjauan didampingi oleh Kadishub Surabaya Irvan Wahyudrajat dan Kepala UPTD Terminal Purabaya Hardjo.

Tak hanya bertanya tentang kondisi lapangan kepada pihak dishub, Djoko juga langsung berkeliling melihat setiap fasilitas yang disediakan bagi pemudik.

Ia juga turut menempelkan stiker lolos ramp check dan memasuki salah satu bus jurusan Jember.

"Alhamdulillah sempat berkunjung ke Terminal Bungurasih dan terminal ini kelihatan terkendali," kata Djoko seusai berkeliling di Terminal Purabaya.

Setelah itu, ia juga memantau posko terpadu mudik. Di dalam posko ini terdapat relawan mudik dari RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) dan Pramuka.

Selepas melihat rekapitulasi bus dan penumpang Terminal Purabaya, Djoko bersyukur bahwa semuanya berjalan lancar.

"Ini menjadi tanda bahwa hasil kerja berbagai pihak untuk menyelenggarakan angkutan lebaran kelihatan hasilnya," pujinya.

Djoko juga memuji Terminal Purabaya sebagai terminal bergaya modern. Diharapkan ke depannya Terminal Purabaya menjadi percontohan terminal modern tipe A lainnya.

Bahkan, ia juga memastikan bahwa E-Tiket akan segera tersedia di sini. "Terminal ini bisa jadi percontohan. Nanti bisa juga belajar ke moda transportasi lainnya seperti kereta api," imbuhnya.

Pada saat itu, Djoko juga melihat lonjakan penumpang yang terjadi pada hari Minggu (10/6/2018) atau  H-5 lebaran dan Senin (11/6/2018) atau H-4 lebaran.

Ternyata, memang ada lonjakan penumpang berangkat dari Terminal Purabaya pada hari Minggu sebanyak 62.711 penumpang. Selisih 52 persen dari lebaran tahun lalu.

Bahkan, angka ini mencapai selisih 121 persen dari hari biasanya. Sedangkan untuk Senin, tercatat ada 59.358 penumpang dan selisih 29 persen dari tahun lalu dan 110 persen dari hari biasa.

 

Reporter: Arey Saputra

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter