jatimnow.com
Italia ke Final Euro 2020 Setelah Kalahkan Spanyol Lewat Penalti

Pemain Italia Manuel Locatelli ( Foto: Justin Tallis/Pool Photo via AP via Republika)

jatimnow.com - Italia memastikan langkahnya ke final Euro 2020 setelah mengalahkan Spanyol 4-2 lewat drama adu penalti di Stadion Wembley, London, Rabu (7/7) dini hari.

Dalam adu tos tosan tersebut, Jorginho tampil sebagai penentu bagi kemenangan skuad Azzurri.

Pada partai final nanti, Italia menunggu hasil laga semifinal antara Denmark dan Inggris yang baru akan digelar pada Kamis (8/7) dini hari WIB.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Bagi Italia, kemenangan ini makin memperpanjang rekor mereka yang belum terkalahkan menjadi 33 laga.

Dalam adu penalti tersebut, dua penendang Spanyol gagal mencetak gol yaitu Alvaro Morata dan Dani Almo. Adapun Italia hanya satu penendang yang gagal yaitu Manuel Locatelli.

Permainan berlangsung dengan tempo tinggi sejak laga dimulai. Jual beli serangan diperagakan oleh kedua tim. Spanyol dan Italia sama-sama berusaha menembuh pertahanan lawan masing-masing dari berbagai sisi.

Pada menit ke-10 Oyarzabal memiliki peluang bagus ketika dia berhasil menusuk ke pertahanan Italia dari sisi kanan.

Namun tendangannya mampu diblok oleh pemain Azzuri. Di menit ke-13 ia kembali mendapatkan peluang namun ia kurang sempurna mengontrol bola di depan gawang sehingga berhasil direbut pemain Italia.

La Roja mulai nyaman dengan penguasaan bola. Adapun Italia bermain lebih defensif dan memadukan dengan umpang-umpan lambung. Pada menit ke-21, Italia mempunyai peluang emas ketika serangan balik mereka nyaris berbuah gol.

Namun tiga pemain Italia yang sudah berada di depan gawang Spanyol berhasil digagalkan oleh pemain Spanyol.

Mereka dengan cepat menutup pertahanan mereka sangat rapat sehingga tak ada celah melakukan tembakan.

Donnarumma melakukan penyelamatan penting ketika memblok tendangan Dani Olmo dari jarak dekat pada menit ke-27. Hingga babak pertama berakhir usaha kedua tim tak membuahkan gol.

Tempo permainan masih berlangsung tinggi pada babak kedua. Namun Italia berhasil unggul 1-0 ketika Chiesa mencetak gol cantik lewat tembakan kaki kanannya yang mengarahkan bola ke sudut kanan gawang Spanyol pada menit ke- 60.

Spanyol memasukkan Alvaro Morata menggantikan Ferran Torres sesaat setelah gol Chiesa. Italia nyaris menggandakan keunggulan jika tendangan Berrardi tak diblok oleh penjaga gawang Spanyol.

Spanyol terus menekan pertahanan Italia guna mencari gol penyama kedudukan. Usaha mereka berhasil pada menit ke-80. Morata mencetak gol penyama kedudukan 1-1 memanfaatkan sodoran Dani Olmo di area kotak penalti.

Gol dari Morata merupakan gol terakhir di waktu normal sehingga pertandingan harus berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Pemenang pun harus ditentukan lewat babak adu penalti karena tak ada gol tambahan pada perpanjangan waktu selama 2x15 menit. Italia memenangkan babak adu penalti dengan skor 4-2.

Loading...

 

Lihat Artikel Asli

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

 

Berita Terkait