Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Narendra Bakrie

Pemudik tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya./Foto: Narendra Bakrie.

jatimnow.com - Gelombang arus mudik di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya terus terlihat. Tercatat mulai H-15 hingga H-3 lebaran 2018, sebanyak 48.554 orang pemudik turun dari angkutan kapal yang bersandar di pelabuhan ini.

Jumlah itu dicatat PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III hingga Selasa (12/6/2018) kemarin. Sedangkan untuk H-2 lebaran atau Rabu (13/6/2018), belum tercatat. Sebab kapal-kapal yang bersandar belum usai.

Kendati begitu, Lia Indi Agustiana, VP Corporate Communication PT Pelindo III menyampaikan jika H-2 diprediksi menjadi puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Sebab, jika dilihat dari jadwal kedatangan kapal pada H-2, diperkirakan terdapat 13.000 lebih pemudik yang akan turun.

"Jadi prediksinya, puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Perak adalah hari ini (H-2) lebaran," ungkap Lia kepada jatimnow.com.

Secara detail, untuk pemudik yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sampai H-3 sebanyak 48.554 orang. Sedangkan penumpang yang naik, sebanyak 11.351 orang.

Untuk penumpang yang turun dari H-15 hingga H-3 lebaran tahun ini (48.554 orang), tercatat turun dari pada H-15 hingga H-3 lebaran tahun lalu (2017) yang berjumlah 53.367 pemudik.

Pemudik-pemudik itu diberangkatkan dari sejumlah pelabuhan di luar Surabaya. Antara lain Banjarmasin, Balikpapan, Batulicin, Benoa/Lembar (NTB), Labuan Bajo/Ende/Maumere/Kupang (NTT), Kumai, Makassar, Pontianak, Sampit, Tanjung Priok, Masalembu, Bawean serta Panjang.

"Untuk pemudik yang naik dari Pelabuhan Tanjung Perak ini, juga menuju ke tujuan yang sama seperti keberangkatan kapal di atas," tandas Lia.

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Erwin Yohanes

 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter