Wawali Madiun Borong Dagangan UMKM dan PKL untuk Disuplai ke Warga Isoman

Wawali Madiun Inda Raya saat menyuplai makanan ke salah warga yang menjalani isoman

jatimnow.com - Wakil Wali Kota (Wawali) Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri menyuplai makanan untuk warganya yang isolasi melakukan isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar Covid-19.

Makanan yang dibagi Inda Raya itu diborong dari para pelaku UMKM dan PKL yang terdampak Pandemi Covid-19 dalam masa PPKM Darurat.

"Saya melihat kondisi UMKM dan PKL ngenes (iba). Untuk itu saya memesan dan membeli produk makanan dari mereka," ujar Inda Raya, Senin (19/7/2021).

Caranya, lanjut Inda Raya, dirinya memposting tawaran bagi mereka yang memiliki usaha makanan dan minuman untuk mendaftar. Para pelaku UMKM dan PKL cukup menuliskan nama dan alamat yang bisa dihubungi pada kolom komentar.

"Saya cuma minta nama dan alamat saja. Saya tidak kasih tahu untuk menyuplai makanan warga isoman," tambahnya.

Menurutnya, ada 100 lapak yang kini sudah mendaftar dan sudah dikonfirmasi. Dan satu per satu produk makanan dan minuman dari para pelaku UMKM dan PKL dibeli dengan uang pribadi Inda Raya.

"Satu PKL atau UMKM diminta mengirim makanan ke tiga alamat warga yang menjalani isoman. Satu rumah dikirim tiga porsi makanan," jelas dia.

Total dalam sehari ada tiga UMKM atau PKL yang mengirim makanan ke warga yang isoman. Dengan demikian, satu hari sekitar 10 hingga 15 kepala keluarga yang mendapatkan bantuan makanan dan minuman tersebut.

"Mereka sendiri (pelaku UMKM dan PKL) yang mengantar ke tempat-tempat orang isoman itu," tutur dia.

Inda Raya mengaku sempat bingung cara mengirimkan makanan tersebut, lantaran warga yang menjalani isoman selalu berada di dalam rumah.

"Kadang pas makanan dan minuman tersebut diantarkan ke rumah warga yang isoman, mereka tidak tahu. Ya kita gantungkan di pagar atau di depan pintu terus kita hubungi lewat telepon kalau ada kiriman yang ditaruh di situ," paparnya.

Loading...

Inda Raya kemudian meminta camat atau lurah agar memberikan data kontak person warga isoman yang bisa dihubungi. Dengan demikian, PKL atau pemilik UMKM tidak bingung saat mengantar makanan.

Tidak hanya berupa makanan, Inda Raya juga menuliskan beberapa kalimat yang intinya menyemangati warga isoman.

Berita Terkait