Langka, Harga Buah Tomat di PIOS Naik Dua Kali Lipat

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Pedagang buah tomat di PIOS

jatimnow.com - Berbagai harga komoditas pertanian dan perkebunan di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) banyak yang mengalami kenaikan.

Salah satu komoditi yang sedang mengalami lonjakan harga adalah buah tomat.

Salah satu pedagang tomat di PIOS, Kusnadi mengatakan naiknya harga buah yang memiliki kaya serat dan memiliki sejumlah vitamin serta zat antioksidan penting bagi tubuh itu karena produksinya sedang terhambat dan hasil panen petani tidak sesuai dengan harapan.

"Tomat memang sedang langka, biasanya kalau seperti ini banyak petani yang gagal panen," kata Kusnadi, Selasa (27/7/2021).

Ia menyebut, kelangkaan buah tomat ini membuat harga per kilogramnya kini mencapai Rp 15 ribu. Padahal saat stok normal, harga tomat per kilogram berada di kisaran Rp 5 ribu hingga Rp 7 ribu.

"Saat ini saya jualnya Rp 15 ribu per kilogram," ujar dia.

Menurutnya, ada dua penyebab jika buah tomat langka. Yang pertama adalah petani yang panen telat atau yang kedua adalah buahnya banyak yang rusak akibat cuaca.

"Akhir-akhir ini terlalu panas. Bisa jadi banyak buah yang rusak sebelum bisa dipanen," pungkas Kusnadi.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter