Pemekaran Dua Kecamatan Baru di Ponorogo Dibatalkan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko di gedung DPRD setempat

jatimnow.com - Pemekaran dua kecamatan baru di Kabupaten Ponorogo resmi dibatalkan. Hal itu diputuskan dalam paripurna yang dilaksanakan di gedung DPRD setempat, Kamis (29/7/2021).

Wakil Ketua DPRD Ponorogo, Dwi Agus Prayitno mengatakan, sebenarnya raperda pemekaran kecamatan Kota Lama dan Sumberejo sudah masuk di Pansus komisi A. Tingkat kementerian juga sudah clear.

"Tetapi terbentur anggaran karena rekofusing ini. Teman-teman legislatif dan eksekutif sepakat menarik raperda itu," ujar Politisi PKB itu.

Nanti, kata dia, jika kondisi sudah normal, tentu bisa diusulkan kembali. Untuk saat ini dinilai belum urgent karena masih dalam masa Pandemi Covid-19.

Sementara Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menyebut bahwa soal pemekaran wilayah sudah diputus untuk ditarik atau dibatalkan.

"Pertama harus realistis. Artinya di situasi seperti ini, teman-teman, masyarakat harus realistis," tutur dia.

Menurutnya, pemekaran dua kecamatan baru untuk saat ini belum masuk prioritas. Karena prioritas bersama saat ini adalah mengatasi pandemi, pemulihan ekonomi dan menyejahterakan rakyat.

"Sementara pemekaran saya pandang belum waktunya sekarang. Untuk dicabut dulu. Kalau nanti lain waktu bisa diusulkan kembali," sambungnya.

Sugiri menegaskan jika nanti situasi normal, pemekaran dua kecamatan itu bakal diusulkan lagi, jika memang dipandang perlu.

"Prioritasnya adalah bagaimana mengatasi pandemi dengan baik. Sehingga nyuwun tolong (minta tolong) semua pihak. Ini langkah realistis," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter