Pixel Code jatimnow.com

Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung, Umbi Bentul dari Madura Tersedia di PIOS

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Sahlul Fahmi
Umbi bentul dari petani Madura di PIOS
Umbi bentul dari petani Madura di PIOS

jatimnow.com - Bagi masyarakat Indonesia, talas belitung, kimpul atau bentul tentu sudah tidak asing lagi. Tanaman yang hidup di kawasan tropis yang masuk dalam kategori talas-talasan ini kerap dijadikan bahan untuk membuat berbagai macam resep makanan.

Umbi bentul yang dapat diolah dengan berbagai cara: direbus, dibakar, dikukus, dibuat bubur atau digoreng dan digunakan dalam sup, sup kental, atau dibuat salad itu mudah ditemukan di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS).

Salah satu pedagang aneka macam talas-talasan di PIOS, Samsuri mengatakan umbi bentul yang ada di lapaknya didapatkan dari para petani asal Madura.

"Saya kulakan langsung dari petani Madura yang dikirim ke sini (PIOS red)," kata Samsuri kepada jatimnow.com, Jumat (30/7/2021).

Umbi bentul itu diketahui mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang dapat membantu produksi sel darah merah dan sel darah putih, yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

Baca juga:
Rock Melon asal Blitar Jadi Favorit Pelanggan PIOS

Samsuri melanjutkan, umbi bentul yang mengandung antioksidan dipercaya dapat mengurangi risiko kanker dan mengurangi gejala penyakit jantung itu dibanderol dengan harga Rp 5 ribu per kilogram.

"Saya jualnya Rp 5 ribu per kilogram," tandasnya.

Baca juga:
Dapat Harga yang Bagus, Petani Gresik Ingin Pasok Hasil Panen Semangka ke PIOS

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com