Jahe Ponorogo di PIOS Mulai Langka, Pedagang PIOS Datangkan Stok dari Medan

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Pedagang PIOS tunjukkan jahe Ponorogo

jatimnow.com - Harga jahe Ponorogo di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) kini mulai merangkak naik karena stok mulai menyusut.

Dari pantauan jatimnow.com, harga jahe Ponorogo kategori super saat ini berkisar antara Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram.

"Kalau untuk jahe Ponorogo kategori sedang Rp 15 ribu per kilogram, sedang untuk jahe Ponorogo kategori kecil Rp 10 ribu per kilogram," jelas Markini, pedagang PIOS, Sabtu (31/7/2021).

Pedagang asli Bumi Reog tersebut meyakini jika harga jahe Ponorogo akan terus naik. Bahkan ia memprediksi jika bulan depan jahe Ponorogo mulai langka karena stok di pasaran sudah minim.

"Siklusnya memang begitu. Nanti pada bulan September dan Oktober petani jahe Ponorogo masuk musim tanam. Kemudian jahe Ponorogo mulai ada lagi pada bulan Mei hingga Juli," bebernya.

Ia melanjutkan, sebagai solusi untuk mengisi stok para pedagang biasanya mendatangkan jahe dari Medan. Sebagian lagi mendatangkan jahe impor. Namun dari segi kualitas jahe Medan serta jahe impor masih di bawah jahe Ponorogo.

Bahkan menurutnya, jahe Ponorogo sangat diminati pasar luar negeri, terutama Singapura. Pedagang empon-empon yang lapaknya terdapat di Blok F itu mengatakan jika jahe Ponorogo yang diekspor biasanya sudah dikeringkan.

"Jahe Ponorogo yang diimpor biasanya sudah dikeringkan atau sudah jadi bubuk," jelasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter