BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat Termasuk di Jawa Timur

Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti awan hitam di Jakarta, Kamis (24/6/2021). Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra via Republika.

jatimnow.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir atau kilat di sejumlah wilayah di Indonesia pada Sabtu (21/8/2021) .

Wilayah yang diprakirakan terjadi hujan sedang hingga lebat di antaranya Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Hujan sedang hingga lebat juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Selain itu, wilayah Provinsi Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan juga berpotensi hujan berintensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang maupun petir atau kilat. BMKG juga meminta masyarakat untuk waspada terhadap potensi kebakaran lahan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di Jakarta, BMKG meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan disertai petir di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Sabtu sore. Cuaca di DKI Jakarta pada pagi hari diperkirakan cerah berawan.

Memasuki siang hari wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan diperkirakan hujan ringan dan wilayah lainnya cerah berawan. Sedangkan pada malam hingga dini hari, seluruh langit DKI Jakarta diperkirakan berawan.

Suhu udara di Jakarta diperkirakan berada ada rentang minimum 23 derajat hingga 32 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembaban kisaran minimum 65 hingga maksimum 95 persen.

Lihat Artikel Asli

Loading...

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Berita Terkait