Macan Tutul Terekam Camera Trap di Taman Nasional Alas Purwo

TN Alas Purwo, Foto : jatimnow.com/Rony Subhan.

jatimnow.com - Macan tutul (Panthera pardus) terekam camera trap yang dipasang Balai Besar Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Banyuwangi. Satwa dilindungi tersebut melintasi kamera yang dipasang di sejumlah titik pengamatan.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TN Alas Purwo Probo Wresni Adji menjelaskan, sedikitnya ada 10 unit kamera yang dipasang sejak tahun 2016. Alat pemantau itu ditempatkan di Sait Pancur, Rowo Bendo, dan Sembulungan.

Loading...

“Pada tahun 2020 kamera trap ditambah menjadi 34 unit. Dan tahun 2021 kamera trap sudah terpasang sebanyak 68 unit di lima klaster yang ditempatkan di barat, timur, utara, selatan dan tengah Alas Purwo,” ujar Probo.

Tak hanya macan tutul, kamera perekam juga berhasil menangkap gambar satwa lainnya.

Pemasangan kamera dilakukan satu tahun sekali dan diambil secara berjangka, yaitu pada bulan Oktober dan November.

“Hasil camera trap menangkap dan merekam gambar semua spesies hewan termasuk macan tutul. Kalau Harimau Jawa tidak pernah terekam, dan mungkin tidak ada," imbuh Probo.

Luas area hutan lindung TN Alas Purwo 43.420 hektar. Meliputi dua wilayah yaitu wilayah 1 Tegaldlimo yang terdiri dari Resort Rowobendo, Resort Pancur dan Resort Grajagan. Sementara wilayah 2 Muncar meliputi Resort Kucur, Resort Tanjung pasir.

Kepala Seksi Pengelolaan TN Wilayah 1 Alas Purwo Probo Wresni Adji.Kepala Seksi Pengelolaan TN Wilayah 1 Alas Purwo Probo Wresni Adji.

 

Berita Terkait