Arus Balik Sudah Mulai Terasa di Sejumlah Stasiun di Surabaya

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Pemudik Arus Balik Mulai Nampak Ramai di Stasiun Gubeng Surabaya/Foto: Arry Saputra.

jatimnow.com - Arus balik sudah nampak terjadi di DAOP 8 Surabaya pada Selasa (19/6/2018). Seperti yang terlihat di Stasiun Gubeng lama Surabaya, sejumlah pemudik mulai berdatangan.

Manager Humas PT KAI Daop 8, Gatut Sutiyatmoko menerangkan, jumlah penumpang yang turun di sejumlah stasiun Surabaya semakin mendominasi. "Diperkirakan penumpang masih akan naik terus," terang Gatut Selasa (19/6/2018).

Berdasarkan data yang dihimpun jatimnow.com, tertanggal 18 Juni 2018 telah ada 10.411 penumpang yang turun di Stasiun Gubeng. Jumlah ini mendominasi cukup banyak dibandingkan penumpang yang naik dari Stasiun Gubeng sebanyak 7.581 orang. 

"Dominasi penumpang turun juga terlihat di Stasiun Pasar Turi dengan jumlah 6.185 penumpang dan 4.061 untuk penumpang naik. Stasiun di Mojokerto dan Bojonegoro malah lebih banyak penumpang naiknya," imbuhnya.

Gatut menambahkan bahwa total penumpang baik yang turun maupun naik di Daop 8 tahun ini mengalami kenaikan dibanding angkutan masa lebaran tahun 2017. Kenaikan itu berkisar dua persen.

"Untuk tahun ini per 18 Juni ada sebanyak 465,753 penumpang yang turun maupun naik di Stasiun Gubeng, Stasiun Pasar Turi, Malang, Sidoarjo, Bojonegoro, dan Mojokerto. Sementara untuk tahun lalu ada sebanyak 462,607 penumpang," ujar Gatut.

Pertumbuhan penumpang yang terjadi di tiap kelas kereta api menunjukkan bahwa kelas bisnis yang cukup stabil.

"Untuk hari ini sebesar 88 persen, dibandingkan tahun lalu perbandingan kelas bisnis sebesar 99 persen atau hampir sama. Sedangkan kelas eksekutif sebesar 87 persen, kelas ekonomi 91 persen, dan kelas lokal ekonomi sebesar 85 persen," pungkasnya.

 

Reporter: Arry Saputra

Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter