Pixel Code jatimnow.com

Pamer Produk Noken, Khofifah: Panggung Budaya Papua Luar Biasa

Editor : Arina Pramudita   Reporter : Ni'am Kurniawan

jatimnow.com - Di sela-sela menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo, Sabtu (2/10/2021). Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyempatkan datang dan belanja ke Pasar Imbi di Kota Jayapura.

Orang nomor satu di Jatim itu tampak terkesan dengan noken yang merupakan kerajinan khas Papua. Produk lokal tersebut dibuat langsung oleh Mamak-mamak Papua. Khofifah pun tak ragu memborong beragam produk kerajinan tangan di sana.

"Jadi ini adalah panggung budaya Papua yang luar biasa, dan akan menjadi destinasi wisata yang luar biasa ke depan yang spektakuler," tutur Khofifah, Senin (4/10/2021).

Khofifah menyebut, dirinya telah mengoleksi Noken Papua sejak lama. Ia mengaku sempat kesusahan mencari produk-produk tangan khas Papua itu.

Baca juga:
Video: ASN Pemprov Jatim Beri Ucapan Pada Apel Terakhir Khofifah-Emil

"Biasanya sangat susah ya mencari noken-noken seperti ini, dan saya termasuk yang sudah mempunyai lengkap dari kabupaten-kabupaten," ucapnya

"Mamak-mamak Papua luar biasa, dan ini adalah keterampilan yang turun temurun dari masyarakat Papua. Dan ini adalah salah satu ekpos budaya Noken yang luar biasa," imbuhnya.

Baca juga:
Kiai Asep Sebut Khofifah-Emil Layak Maju di Pilgub Jatim 2024

Ia juga menjelaskan, produk-produk khas daerah ini perlu ditingkatkan hingga menjangkau pasar ke manca negara. Dirinya juga bersyukur karena lewat PON ini dirinya bisa mengetahui keragaman budaya Papua sekaligus melengkapi koleksi Noken.

"Seluruh kontingen PON rugi kalau tidak berangkat ke sini, saya memang mau berangkat ke airport tapi sengaja untuk meminta singgah kesini," tandasnya.