jatimnow.com
2 Bulan Beroperasi Mobil Vaksin Polrestabes Surabaya Jangkau 552 Lokasi

jatimnow.com - Polrestabes berserta Forkopimda Kota Surabaya gencar melakukan percepatan vaksinasi guna terbentuknya kekebalan komunal.

Sebanyak 22 gerai mobil vaksin keliling bekerjasama dengan Pemkot Surabaya dilaunching pada bulan Agustus lalu di Tugu Pahlawan Surabaya, telah menjangkau 31 Kecamatan di Surabaya.

Berdasarkan data Sat Binmas Polrestabes Surabaya, per 30 September 2021 capaian mobil gerai vaksin keliling sudah menyasar 552 lokasi di 31 kecamatan di Surabaya. Sebanyak 138.250 dosis vaksin telah diberikan ke masyarakat.

Tak hanya itu, gerai mobil vaksin keliling juga dilibatkan dalam membantu percepatan vaksinasi di wilayah aglomerasi Surabaya Raya.

Berkat pilot project yang didukung kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan, membuat kota pahlawan mendapatkan predikat level 1 berdasarkan asesmen situasi Covid-19 yang dirilis Kementrian Kesehatan bulan September lalu.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan mengatakan, pihaknya bersama Pemkot Surabaya terus melakukan akselarasi percepatan vaksinasi di Surabaya.

"Akselerasi vaksinasi kita membuat gerai-gerai besar menghadirkan masyarakat untuk bisa divaksin," kata Yusep Gunawan, Senin (4/10/2021).

Yusep menambahkan, gerai vaksin dibuat untuk menghindari antrian panjang dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan vaksin.

Banyak faktor yang membuat tercetusnya mobil vaksin keliling. Salah satunya golongan lansia dan masyarakat yang tidak bisa meninggalkan pekerjaannya. Dengan adanya gerai mobil vaksin, petugas bisa langsung mendatangi mereka.

"Nah inilah yang kita jemput bola, dengan menggunakan mobil gerai vaksin. Didalamnya ada lima nakes dan membawa 500 dosis vaksin. Mereka melayani permintaan masyarakat yang dikoordinir RT, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas dikoordinasikan melalui call center ataupun puskesmas dan dilaporkan ke Dinkes," urai Yusep.

Satu bulan lebih berjalan, keberadaan mobil gerai vaksin keliling ini lebih efektif dan efisien.

"Contohnya di Bubutan yang daftar 70. Pelaksanaan 150 dan minta lagi," ungkap Yusep.

Loading...

Ke depan, mobil gerai vaksin akan ditambah lagi baik dari Polrestabes dan Pemkot Surabaya.

"Upaya kami yang lain untuk mempertebal percepatan vaksinasi. Polrestabes Surabaya akan membuat dua bus untuk vaksinasi di dua titik pintu masuk Kota Surabaya," imbuh mantan Kapolres Kediri, itu.

Berita Terkait