jatimnow.com
Palem 17 Meter di Alun-alun Bangil Tumbang: Warga Histeris, Dua Motor Tertimpa

Pohon palem setinggi 17 meter di Alun-alun Bangil yang tumbang

jatimnow.com - Pohon palem setinggi 17 meter di sisi utara Alun-alun Bangil, Kabupaten Pasuruan tumbang menutup jalan dan menimpa dua motor milik pengunjung warung PKL sekitar, Selasa (5/10/2021).

Kejadian yang berlangsung sekitar pukul 20.40 Wib itu sontak membuat banyak orang yang sedang asyik makan di trotoar utara alun-alun histeris.

"Untung saja ambruknya ke arah utara. Kalau saja ambruknya ke arah timur atau barat, pasti banyak orang yang tertimpa. Karena saat itu banyak orang yang makan dan jajan," jelas Mu'ani, pedagang es yang saat itu istirahat dekat yang tumbang.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Mu'ani menyebut bahwa mulai sore angin berhembus cukup kencang. Dia tidak menyangka jika pohon palem yang ditanam sekitar Tahun 1970 itu ambruk.

"Saya jualan di sini sejak Tahun 1971. Kejadian pohon besar yang ambruk ya baru sekali ini. Ini tangan saya masih gemetar saking takutnya," ungkapnya.

Sementara Saimin, pedagang nasi goreng yang berjarak 5 meter sisi timur pohon yang tumbang mengatakan, dua motor yang tertimpa itu Honda Beat dan Vario. Kedua pemilik motor juga sedang asyik menyantap nasi goreng.

"Yang rusak parah itu yang motor Beat, milik warga Kecamatan Rembang. Yang Vario milik warga Bangil sendiri juga rusak akibat tertimpa pohon," terang Saimin.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris mengatakan bahwa pihaknya bergerak cepat mengevakuasi pohon tumbang tersebut.

"Sekitar 20 menit pohon berhasil dievakuasi dan jalan yang tertutup bisa dilewati kembali," terangnya.

Setelah mengevakuasi pohon, kedua motor yang rusak diamankan ke dalam Kantor Pos Bangil.

Loading...

"Untuk bagian atas pohon palem masih tersangkut di pohon sono kembang. Kita asasmen malam ini masih aman. Besok evakuasi kita koordinasikan ke dinas terkait," tandasnya.

Berita Terkait