jatimnow.com
DDV Jatim Bangun Rumah Hunian Bagi Warga Terdampak Gempa Malang

jatimnow.com - Puluhan relawan dari Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar aksi sosial recovery hunian sementara (huntara) di Desa Wirotaman, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Aksi sosial itu merupakan program para relawan yang dikemas dalam acara Voluntrip (Volunteer nge-Trip) Round 3 kepada korban gempa bumi 6,1 Magnitudo.

Selain recovery huntara, kegiatan juga dilakukan yaitu aksi layanan kesehatan (ALS), penyuluhan posyandu, talk show ekonomi, gadget free day (GFD), dan jelajah Gunung Koco.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

"Masih banyak rumah hunian di Desa Wirotaman yang tidak layak huni. Apalagi, saat ini sudah mulai masuk musim penghujan sehingga dikhawatirkan mereka tidak nyaman, begitu juga dengan kondisi kesehatannya," ujar Koordinator DDV Jatim, Muhammad Faiz, Rabu (6/10/2021).

Dalam prosesnya, para relawan dibantu warga setempat bergotong-royong membangun rumah itu. Sedikitnya, ada 3 huntara yang dibangun selama 3 hari, mulai tanggal 1 hingga 3 Oktober 2021 kemarin.

"Sebelumnya relawan juga melakukan aksi galang dana, yang kemudian disalurkan untuk membantu pembangunan hunian sementara di Wirotaman yang rumahnya roboh akibat gempa," jelasnya.

Tak hanya itu, anak-anak yang terdampak bencana gempa bumi tersebut juga mendapatkan trauma healing yang dikemas dalam bentuk GFD.

"GFD ini juga mengajak adik-adik untuk melakukan permainan tradisional mulai dari engklek, tarik tambang hingga ular tangga raksasa. Selain bermain permainan tradisional, tujuan lain dari GFD ini untuk melupakan sejenak gawai mereka serta melakukan PFA (Phsycology First Aid) kepada anak-anak yang terdampak musibah gempa beberapa bulan lalu," jelasnya.

Santoso, salah satu pemilik rumah yang terdampak gempa menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para relawan yang telah memberikan bantuan berupa bangunan huntara tersebut.

"Saya sangat berterima kasih kepada donatur serta teman-teman Dompet Dhuafa Volunteer Jawa Timur atas bantuan ini. Yang sebelumnya saya menumpang di rumah sanak saudara, sekarang rumah saya bisa dihuni kembali," ucapnya.

Pada kesempatan itu, DDV Jatim juga menggelar kegiatan cek kesehatan gratis untuk warga setempat. Kemudian posyandu bagi balita dan ibu, serta talk show ekonomi bagi para pelaku UMKM.

Loading...

"Alhamdulillah, wonten kegiatan cek kesehatan niki kulo diparingi vitamin lan obat-obatan, matur nuwun pak sampun dugi ten Desa Wirotaman (Alhamdulillah ada kegiatan cek kesehatan. Ini saya diberi vitamin dan obat. Terima kasih sudah datang ke Desa Wirotaman)," ujar Samiati, salah satu warga setempat.

Berita Terkait