jatimnow.com
Timnas Indonesia Siap Hadapi Taiwan di Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia (Humas PSSI via Republika)

jatimnow.com - Tim nasional Indonesia akan berhadapan dengan Taiwan pada laga pertama play-off kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10) malam.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong telah menyiapkan timnya dengan baik menghadapi pertandingan yang akan berlangsung dalam dua leg, yaitu 7 dan 11 Oktober 2021.

Skuad Garuda sudah berlatih di Chang Training Ground, Buriram, sejak Senin (4/10). Shin langsung memberikan latihan dengan intensitas tinggi kepada para pemainnya.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Pelatih asal Korea Selatan itu membidik kemenangan perdananya bersama skuad Garuda pada laga nanti.

"Kami sudah berlatih tiga hari di sini. Jadi, pemain dalam kondisi baik. Pertandingan besok sangat menentukan bagi kami," kata Shin dalam konferensi pers jelang pertandingan, Rabu (6/10) malam.

Pelatih berusia 52 tahun itu optimistis menatap laga melawan Taiwan. Dia percaya dengan kualitas yang dimiliki Evan Dimas dan kawan-kawan meskipun dari segi peringkat FIFA Taiwan jauh berada di atas Indonesia.

Taiwan menduduki peringkat ke-151 dengan nilai 1.046, sementara Indonesia di peringkat ke-175 dengan nilai 957.

Indonesia juga tak pernah menang dalam lima laga terakhir dengan empat kekalahan dan satu hasil imbang. Namun, hal serupa juga terjadi pada Taiwan, yang bahkan selalu kalah pada lima laga terakhir mereka.

Dari pemain yang dipanggil, Shin tampak memadukan penggawa senior dengan sosok muda. Pemain senior, seperti Fachruddin Aryanto dan Victor Igbonefo diprediksi akan mengisi pos belakang.

Sementara Saddil Ramdani, Egy Maulana, dan Kushedya Yudo mengisi lini depan. Masih ada satu pemain yang akan bergabung belakangan, yakni Witan Sulaiman, tapi hampir pasti tak bermain pada laga pertama.

Shin memastikan tim siap menghadapi Taiwan dalam kondisi apa pun. Ia tidak mempermasalahkan jika saat pertandingan nanti diguyur hujan.

"Sejujurnya saya belum mempersiapkan pemain dalam kondisi hujan. Pertandingan pasti akan sulit, tapi saya percaya pemain sudah terbiasa dengan cuaca hujan," kata Shin.

Kapten tim Evan Dimas mengatakan, pertandingan melawan Taiwan sangat penting untuk memastikan tim bisa lolos ke babak kualifikasi.

Sebagai pemain, ia mengaku sangat siap dan akan menjalankan instruksi yang diberikan Shin.

"Kami sangat percaya diri untuk menghadapi pertandingan besok. Tidak ada pilihan selain menang," kata Evan.

Di lain pihak, Taiwan justru hanya bisa memboyong 18 pemain. Sebab, beberapa pemain diskors karena tindakan indisipliner berupa pesta alkohol dan pelanggaran protokol kesehatan.

Dari hasil investigasi yang dirilis di laman resmi Asosiasi Sepak Bola Cina Taipei (CTFA), Chen Haowei, Bai Shaoyu, Duan Zhu, dan You Jiahuang dikeluarkan dari timnas Taiwan karena terbukti melakukan pelanggaran pada Agustus dan September.

Absennya beberapa pemain pilar Taiwan mungkin akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Kendati demikian, Shin menganggap itu tidak berarti.

"Masalah menguntungkan atau tidak itu tidak ada artinya karena lawan pasti akan tetap datang. Selain yang terjadi di lapangan, yang di luar itu tidak berarti," kata Shin.

5 Pertemuan Indonesia vs Taiwan

24/11/2010 - Indonesia 2-0 Taiwan

30/08/2000 - Indonesia 1-0 Taiwan

Loading...

28/06/1981 - Taiwan 2-0 Indonesia

15/06/1982 - Indonesia 1-0 Taiwan

09/11/1974 - Indonesia 2-0 Taiwan

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Berita Terkait