jatimnow.com
Timnas Indonesia Kalahkan Taiwan 2-1 di Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia melawan Taiwan (Foto: PSSI via Republika)

jatimnow.com - Timnas Indonesia mengamankan kemenangan leg pertama saat menghadapi Taiwan pada Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10) malam WIB. Indonesia menang 2-1 dari Taiwan.

Indonesia mendapat serangan cepat di menit pertama. Taiwan mendapat hadiah tendangan sudut. Awal yang menegangkan bagi Skuad Garuda. Beruntung peluang dari Taiwan berhasil dibendung.

Tiga menit pertama Evan Dimas dkk masih kesulitan mengembangkan permainan. Ancaman justru diciptakan Taiwan ke gawang Indonesia.

Di menit keempat, Estevez mendapat ruang tembak di kotak penalti Indonesia. Tapi bola yang mengarah ke kanan gawang bisa ditepis oleh Riyandi.

Di menit kedelapan Indonesia punya peluang pertama melalui situasi bola mati. Evan Dimas mengeksekusi tendangan bebas dengan umpan ke kotak penalti. Tapi tidak ada bahaya yang berhasil diberikan ke gawang Taiwan. Pertahanan Taiwan masih terlalu rapat untuk ditembus.

Setelah sepuluh menit, Skuad Garuda mulai bisa memberikan tekanan. Kerja sama di lini tengah terus mencari peluang untuk membuka ruang.

Hingga di menit ke-16 Asnawi mendapat ruang tembak di kotak penalti. Namun, percobaan itu masih dapat diblokir pemain belakang Taiwan.

Indonesia akhirnya mencuri keunggulan di menit ke-18 melalui gol yang diciptakan oleh Rumakiek melalui pergerakan dari sisi kiri dan menekan melewati dua pemain belakang Taiwan sebelum mengeksekusinya dengan tembakan yang mengolongi kaki kiper. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Di menit ke-23 Taiwan berusaha menekan. Kombinasi serangan sempat menyulitkan pertahanan Indonesia. Hingga dari ruang sempit yang dimiliki, Li Mao mencoba melepaskan tembakan ke tiang dekat. Namun, upaya tersebut masih belum tepat sasaran.

Di menit ke-28 Rumakiek harus ditarik keluar lapangan dan digantikan oleh Egy Maulana Vikri setelah beberapa kali mengalami benturan.

Ini sangat disayangkan karena Rumakiek sedang dalam kondisi onfire, tapi Egy juga diharapkan bisa memberikan kejutan bagi Indonesia.

Skuad Garuda terus menekan di lini pertahanan Taiwan. Kombinasi serangan yang diberikan Egy Maulana Vikri dkk mampu menyulitkan pemain Taiwan.

Tapi tekanan yang terus diberikan belum membuahkan hasil. Hingga percobaan dari Evan Dimas di menit ke-36 dari jarak jauh masih belum tepat sasaran.

Di menit ke-41 Indonesia mendapat hadiah tendangan bebas di sisi kiri serangan. Tapi tidak ada bahaya yang tercipta.

Kemelut sempat terjadi di mulut gawang Taiwan di menit ke-44. Tapi itu juga masih belum membuahkan gol karena pertahanan Taiwan masih sulit ditembus. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan 1-0 bagi Indonesia.

Di babak kedua, skuad Garuda langsung menekan ke lini pertahanan. Egy berusaha menekan dari sisi kiri, tapi pergerakannya dihentikan. Hingga di menit ke-47, Yudo mendapat ruang terbuka di kotak penalti tapi itu masih bisa diblokir oleh pemain balakang Taiwan.

Indonesia akhirnya menambah keunggulan di menit ke-50. Berawal dari umpan Pratama kepada Yudo di sisi kiri yang kemudian melepaskan umpan tarik ke tengah untuk kemudian diselesaikan oleh Evan Dimas dengan tembakan langsung ke gawang. Skuad Garuda pun memimpin 2-0 atas Taiwan.

Di menit ke-54 Indonesia sebetulnya mendapat peluang emas untuk menambah keunggulan ketika Irfan melancarkan serangan balik dari sisi kanan. Tapi sayang umpan terobosannya ke mulut gawang Taiwan gagal dimaksimalkan oleh Yudo. Penyelesaian Yudo masih meleset di sisi kiri gawang.

Indonesia mendapat hadiah tendangan bebas sekitar 15 meter dari gawang di menit ke-58. Egy yang mengeksekusi bola mati tersebut langsung mengarahkan bola ke gawang. Namun percobaan itu masih meleset jauh di atas mistar gawang.

Evan Dimas dkk tampil semakin percaya diri setelah mengemas keunggulan dua angka. Serangan demi serangan terus dilancarkan ke lini pertahanan Taiwan. Itu memaksa permainan keras dari pemain-pemain Taiwan. Beberapa pemain Indonesia pun cedera akibat benturan yang terjadi.

Di menit ke-65, Egy mendapat peluang di kotak penalti saat menerima umpan jauh. Namun tendangannya ke tiang dekat masih membentur kaki kiper Taiwan dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Sejurus kemudian kemelut terjadi di kotak penalti Taiwan dan masih belum membuahkan gol tambahan bagi Indonesia.

Egy beberapa kali mendapatkan peluang untuk membobol gawang Taiwan. Tapi percobaan yang dilakukan masih menemukan kebuntuan. Hingga di menit ke-79 peluangnya di depan gawang juga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Di menit ke-84 Indonesia mendapat peluang dari situasi tendangan sudut ketika percobaan dari Abimanyu di depan gawang masih bisa ditepis oleh kiper. Skuad Garuda terus menekan di sepanjang babak kedua.

Indonesia justru kebobolan di menit ke-90 setelah Taiwan mendapat hadiah tendangan bebas. Gol yang diciptakan Hsu Heng-pin ketika memaksimalkan umpan di mulut gawang berhasil memperkecil ketertinggalan Taiwan. Skor berubah 2-1 hingga pertandingan berakhir.

Berikut adalah susunan pemain kedua tim:

Loading...

Indonesia (5-3-2): Muhamad Riyandi (kiper); Miftah Sani, Victor Igbonefo, Rachmat Irianto, Asnawai Mangkualam, Fachrudin; Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Irfan Samaling Kumi; Kusheda Hari Yudo, Ramai Rumakiek.

Cadangan: Nadeo Arga Winata, Ernando Ari, Rizky Ridho, Ryuji Utomo, Vava Mario, Pratama Arhan Alif, I Kadek Agung, Egy Maulana Vikri, Ahmad Agung, Syahrian Abimanyu, Adam Alis, Yabes Roni.

Taiwan (5-2-3): Shin Shin-an (kiper); Hsieh Peng-Long, Chen Ting-Yang, Liang Meng-Hsin, Cheng Hao, Lin Cheng-Yi; Emilio Estevez, Wu Yen-Shu; Li Mao, Wu Chun-Ching, Lee Hsiang-Wei.

Cadangan: Chiu Yu-Hung, Huang Chiu-Lin, Lin Chang-Lun, Hsu Heng-Pin, Lin Ming-Wei, Hsu Yi, Ko Yu-Ting.

 

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Berita Terkait