jatimnow.com
Menikmati Nasi Sambal Tempong Khas Banyuwangi di Malang

Aneka menu Sego Sambel Cak Uut di Malang. (Foto: Arina Pramudita/jatimnow.com)

jatimnow.com - Kuliner nusantara terkenal dengan cita rasa pedas, termasuk Jawa Timur yang cukup akrab dengan aneka olahan sambal.

Menu dengan kondimen sambal bisa dijumpai di banyak tempat makan, salah satunya di Sego Sambel Cak Uut. Lokasi kuliner satu ini berada di Jalan Simpang Raya Langsep No 30, Kecamatan Klojen, Malang. Untuk penikmat makanan khas daerah, kuliner satu ini ternama dengan sambel tempong khas Banyuwangi.

Sambel tempong adalah varian sambal bercita rasa segar dan pedas. Tomat ranti atau tomat mawar sebagai bahan utamanya, membuat sambal yang diuleg dadakan ini membawa kesan segar namun mampu menampar penikmatnya. Layaknya nama tempong yang berarti tampar.

Menu andalan dari resto rumahan yang didirikan Slamet Utomo ini adalah Sego Sambel Cakalang. Meski isiannya sederhana, terdiri dari ikan cakalang, sambal tempong dipadu kacang panjang segar dan tempe goreng, tetap saja mampu membuat pelanggannya kembali untuk sekedar melepas kangen.

Nasi cakalang Cak Uut. (Foto: Arina Pramudita/jatimnow.com)Nasi cakalang Cak Uut. (Foto: Arina Pramudita/jatimnow.com)

Buat kamu yang berkesempatan ke Sego Sambel Cak Uut harus rela mengantri dan menerapkan protokol kesehatan. Sebab untuk menikmati aneka menu di sana, waiting list bisa mencapai 40 menit, dengan waktu makan 30 menit.

Selain sego sambel cakalang, ada sego sambel ayam, cumi hitam, udang, paru, dan daging. Harganya terbilang ramah di kantong, dengan kisaran Rp 27 ribu sampai Rp 31 ribu untuk seporsi sego sambel.

"Kalau yang favorit di sini sego sambel cakalang, harus dicoba," ujar Dwi salah satu karyawan Sego Sambel Cak Uut saat jatimnow.com berkunjung ke resto, Sabtu (9/10/2021).

Nah buat kamu pecinta terong, pete dan jengkol, Cak Uut juga salah satu resto berkonsep rumahan yang menyajikan olahan sambel jengkol dan pete. Sepiring sambal porsi besar, seharga Rp 15 ribu hingga Rp 29 ribu.

Gimana, tertarik mencobanya? Yuk, lestarikan kuliner nusantara dengan tetap jaga prokes selama berkunjung ke sana.

Loading...

Nasi cumi hitam Cak Uut. (Foto: Arina Pramudita/jatimnow.com)Nasi cumi hitam Cak Uut. (Foto: Arina Pramudita/jatimnow.com)

Berita Terkait