Dua Spot Kawasan Gunung Bromo Terbakar

Kawasan hutan dan lereng penanjakan Gunung Bromo terbakar.

jatimnow.com - Kawasan hutan dan lereng penanjakan Gunung Bromo terbakar pada Sabtu (9/10/2021) pukul 10.15 WIB.

Terjalnya medan membuat api sulit dipadamkan. Petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBT) dan dibantu para relawan baru bisa menjinakkan api pada Minggu (10/10/2021) pagi.

"Terdeteksinya Sabtu kemarin sekitar pukul 10.15 WIB. Lokasinya ada dua titik, ada di Lundan Abang yang berada di Resort Lautan Pasir, sama di Pondok Kawat wilayah Resort Penanjakan. Tadi pagi diinfokan api sudah bisa dikendalikan," jelas Humas TNBTS, Syarif Hidayat, Minggu (10/10/2021).

Syarif menerangkan jika luasan lahan yang terbakar di dua titik tersebut masih belum biaa terkonfirmasi. Sebab, topografi lokasi yang terbakar kemiringannya sangat curam dan tinggi. Sehingga petugas pun dibuat kesulitan untuk mengukur luasannya.

"Kemiringannya tinggi, sehingga agak sulit mendeteksi luasannya. Selain itu karena baru tadi pagi baru bisa dikendalikan," ungkapnya.

Selain itu, saat ini petugas di lapangan dibantu para relawan masih menyelidiki pemicu terjadinya kebakaran di dua titik tersebut.

Adapun vegetasi yang terbakar menurut data dari TNBTS di antaranya semak belukar, alang-alang dan beberapa tegakan seperti jenis pohon akasia dan cemara gunung.

"Agar tidak muncul titik api baru, saat ini petugas dan relawan juga masih stand by di sana, untuk jaga-jaga," tandasnya.

Kebakaran di kawasan hutan Gunung Bromo dilihat pada petang hari.Kebakaran di kawasan hutan Gunung Bromo dilihat pada petang hari.

Loading...

 

Berita Terkait