Pasar Kalibaru Wetan Terbakar: Pedagang Direlokasi, Perbaikan Dikebut Tahun ini

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Rony Subhan

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meninjau Pasar Kalibaru Wetan yang terbakar

jatimnow.com - Pasar Kalibaru Wetan di Dusun Krajan, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi terbakar, Minggu (10/10/2021) dini hari. Sekitar 29 kios dilaporkan hangus.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani langsung meninjau lokasi pasar tersebut. Dia meminta para pedagang yang kiosnya terbakar segera direlokasi.

"Saya tadi sudah cek, sudah ke dalam pasar dan diskusi dengan koordinator pasar dan perwakilan pedagang. Perbaikan pasar akan dilakukan tahun ini juga. Diperkirakan pengerjaan perbaikan pasar yang terbakar butuh sekitar 1,5 sampai 2 bulan," kata Ipuk dalam siaran pers yang diterima redaksi.

"Karena itu para pedagang yang terdampak bisa segera direlokasi agar mereka tetap bisa berjualan. Tadi sudah saya cek. Pertama, bisa manfaatkan bedak yang kosong. Kedua, bisa manfaatkan lahan di sisi selatan yang kosong. Nanti ditata," tambah Ipuk.

Baca juga:  Puluhan Kios Pasar Kalibaru Wetan Ludes Terbakar

Ipuk juga meminta dinas terkait mengevaluasi jaringan listrik serta mendata seluruh kerusakan yang ada akibat kebakaran. Terdapat 22 pedagang dari 29 kios yang terdampak kebakaran. Penyebab kebakaran diduga akibat arus pendek listrik.

"Menjadi evaluasi bersama terkait keamanan jaringan listrik," ujarnya.

Dia menambahkan, kejadian ini sekaligus menjadi evaluasi untuk memperkuat fasilitas di pasar. Termasuk kelengkapan fasilitas hydrant untuk antisipasi kebakaran.

"Ini koordinasi semuanya, dinas pengelola pasar, dinas terkait kebencanaan, hingga Perusahaan Umum Daerah Air Minum, sehingga di setiap pasar ke depan ada hydrant yang baik. Diatur di mana penyimpanan airnya, bagaimana distribusinya, bagaimana sistem pompanya. Minggu depan saya kumpulkan semua yang terkait sebagai evaluasi untuk semua pasar di seluruh Banyuwangi," ujarnya.

Sementara Koordinator Pasar Kalibaru Wetan, Slamet Budiono menyebut, kebakaran terjadi sekitar pukul 00.30 WIB. Yang terbakar rata-rata kios bahan kebutuhan sehari-hari, ikan asin hingga barang pecah belah.

"Sementara hasil dari penyelidikan polsek, kebakaran disebabkan korsleting listrik di salah satu lapak pedagang. Akhirnya menyebar ke lapak lain," jelas Slamet.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter