jatimnow.com
Timnas Indonesia Lolos Babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Pesepak bola Indonesia Asnawi Mangkualam (Foto: Antara/Humas PSSI via Republika)

jatimnow.com - Indonesia lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 setelah menang 3-0 atas China Taipei dalam pertandingan leg kedua playoff kualifikasi Piala Asia 2023, di Stadion Chang Arena, Buriram, Senin (11/10). Tim Merah Putih lolos dengan agregat 5-1.

Indonesia tampil menekan sejak laga dimulai. Pergerakan Egy Maulana Vikri beberapa kali membahayakan pertahanan lawan. Tekanan tersebut membuat China Taipei bermain lebih bertahan.

Pada menit ketujuh China Taipei mempunyai peluang lewat tendangan bebas. Namun umpan lambung oleh Estavez tak bisa dimanfaatkan rekannya dengan baik di depan gawang.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Pada menit ke-11, Indonesia mempunyai peluang dari bola mati. Tetapi umpan lambung Evan Dimas dengan mudah ditangkap kiper China Taipei.

Menit ke-16 kerjasama antar pemain Indonesia dengan satu sentuhan nyaris berbuah gol. Namun Adam Alis terlebih dahulu berada di posisi offaside.

Evan Dimas dan kawan-kawan terus menggempur pertahanan lawan dari berbagai posisi. Hal tersebut memaksa China Taipei menumpuk pemain di lini belakang. Selain mengandalkan serangan balik, China Taipei berharap tercipta gol melalui bola mati.

Ahmad Agung pada menit ke-27 mencetak gol lewat sundulan. Ia menyambut umpan silang Egy Maulana Vikry dari sisi kiri pertahanan China Taipei. Gol tandang ini membuat peluang Indonesia lolos ke fase berikutnya semakin terbuka.

Tertinggal satu gol, China Taipei keluar lebih menyerang. Meskipun serangan mereka selalu berhasil dipatahkan pemain Indonesia.

Adam Alis melakukan percobaan dari luar kotak penalti. Namun tembakannya bisa ditangkap sempurna oleh penjaga gawang. Hingga turun minum, Indonesia mempertahankan keunggulan 1-0.

Indonesia nyaris menggandakan keunggulan ketika babak kedua berjalan satu menit. Tembakan Riki Kambuaya diblok oleh pemain China Taipei.

Menit ke-50 tangkapan kurang sempurna Riyandi nyaris berbuah gol bagi China Taipei. Namun masih ada satu pemain Indonesia yang mengamankan bola sundulan pemain lawan.

Pada menit ke-52, berawal dari bola lemparan, Dedik Setiawan dari sisi kiri pertahanan China Taipe memberikan umpan ke tiang dekat. Namun Egy gagal menyambut umpan tersebut dengan sempurna.

Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-55 melalui tembakan keras Kambuaya. Gol tersebut berawal dari umpan silang Evan Dimas dari sisi kanan.

Bola hadangan pemain China Taipei memantul ke arah Kambuaya yang tak terkawal. Dengan mudah pemain asal Papua tersebut melesakkan bola keras ke gawang lawan.

Meski sudah unggul dua gol, Indonesia tak menurunkan tempo permainan. Sejumlah peluang diciptakan oleh anak asuh Shin Tae-young. Sementara China Taipei kesulitan mengembangkan permainan.

Gol Witan Sulaiman pada menit ke-90+3 menutup kemenangan Indonesia 3-0. Witan melesakkan lewat tendangan plesing mendatar dari sisi kanan pertahanan lawan.

Hingga laga berakhir Indonesia mempertahankan keunggulan 2-0.

Loading...

Indonesia nantinya akan masuk di pot 4 untuk undian kualifikasi. Indonesia tergabung dengan Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Langka dan pemenang antara Guam melawan Kamboja.

 

Lihat Artikel Asli

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Berita Terkait