Pixel Code jatimnow.com

Belasan Rumah di Gresik Rusak Diterjang Angin Kencang

Editor : Arina Pramudita   Reporter : Sahlul Fahmi
Salah satu rumah warga yang rusak akibat angin kencang di Gresik. (Foto:Istimewa)
Salah satu rumah warga yang rusak akibat angin kencang di Gresik. (Foto:Istimewa)

jatimnow.com - Belasan rumah di Desa Kandangan Kecamatan Cerme dan Desa Pundut Terate Kecamatan Benjeng, Gresik, rusak akibat hujan deras yang disertai angin kencang yang terjadi pada Minggu (17/10/2021) petang.

Kerusakan yang terjadi di Desa Kandangan terdiri dari 4 rumah rusak sedang. Sementara 3 rumah lainnya mengalami rusak ringan. Tak hanya rumah, angin yang menerjang wilayah Gresik Selatan tersebut juga merusak 2 kandang ternak ayam yang lokasinya tak jauh dari pemukiman warga.

Sedangkan di Desa Pundut Terate, terdapat 9 rumah yang mengalami kerusakan. Bahkan atap masjid di desa setempat juga alami rusak ringan. Kerugian di dua desa tersebut diprediksi mencapai puluhan juta rupiah.

Camat Cerme Suyono menceritakan, angin kencang terjadi pada sore hari. Meski tidak berlangsung lama, namun besarnya angin sempat memorak-porandakan sebagian rumah warga dan kandang ternak ayam.

Baca juga:
Ratusan Nelayan Sedati Sidoarjo Enggan Melaut karena Angin Kencang

"Meski sebagian rumah warga rusak, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," kata Suyono, Senin (18/10/2021).

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, Tarso Sagito menjelaskan, angin kencang yang terjadi merupakan dampak cuaca ekstrem masa pancaroba. Fenomena ini menurutnya tidak hanya terjadi di Gresik tapi juga di beberapa wilayah.

Baca juga:
Terop Acara Perpisahan SDN di Jember Ambruk Diterjang Angin Kencang

Untuk mengatasi dampak angin kencang di Desa Kandangan dan Pundut Terate pihaknya langsung sigap dengan menerjunkan tim ke lokasi.

“Bersama TNI-Polri petugas BPBD langsung menuju lokasi untuk membantu memperbaiki rumah warga yang rusak. Selain itu kami juga mengevakuasi beberapa pohon yang tumbang,” ujar Tarso Sagito.