jatimnow.com
Gerindra Jatim Harap Tidar Jadi Best Practice Anak Muda Berkiprah di Politik

Musdalub Tidar Jatim di Hotel Majapahit, Surabaya

Surabaya - Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad berharap Tunas Indonesia Raya (Tidar) bisa menjadi best practice keterlibatan generasi milenial dan generasi Z berkiprah di bidang politik.

Sadad mengungkapkan, meskipun sejumlah survei menyebut bahwa hanya ada 22 persen anak muda yang tertarik dengan dunia politik, tapi bukan berarti mereka apolitis.

"Menurut saya, meskipun ada 78 persen anak muda tidak tertarik pada politik, bukan berarti mereka apolitis. Nyatanya anak-anak muda justru memainkan peran yang efektif dalam aksi-aksi sosial," ungkap Sadad saat Pembukaan Musdalub Tidar Jawa Timur di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (6/11/2021).

Sadad menjelaskan, anak-anak muda juga menjadi penggerak dalam memainkan isu antikorupsi dan lingkungan. Keduanya merupakan isu yang erat kaitannya dengan pembuatan kebijakan (policymaking).

Oleh karena itulah, lanjut Sadad, Tidar sebagai organisasi sayap Partai Gerindra memiliki tantangan yang berat untuk meyakinkan para generasi milenial dan generasi Z agar bisa berpartisipasi aktif dalam politik.

"Partai Gerindra memberikan ruang yang besar bagi anak muda, bukan hanya di organisasi sayap. Bahkan dalam struktur DPD banyak dari kalangan milenial diberi kepercayaan," jelas dia.

Sadad menambahkan, peran anak muda dalam sejarah kebangsaan tidak diragukan lagi. Saat republik ini baru berdiri, posisi penting di pemerintahan pun juga sudah dipercayakan kepada anak-anak muda.

Wakil Ketua DPRD Jawa Timur ini menyebut bahwa keterlibatan anak muda di dunia politik hari-hari ini dimaknai sebagai merebut kembali peran yang sudah dimainkan sejak lama.

"Jaksa Agung pertama Mr Kasman Singodimedjo diangkat pertama kali di usia 38 tahun. Bahkan Adam Malik menjadi Wakil Ketua KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat)-cikal bakal DPR RI, ketika berusia 28 tahun," tandasnya.

Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad memberikan sambutan dalam Musdalub Tidar Jatim di Hotel Majapahit, SurabayaKetua Gerindra Jatim Anwar Sadad memberikan sambutan dalam Musdalub Tidar Jatim di Hotel Majapahit, Surabaya

Untuk diketahui, Musdalub Tidar Jawa Timur berlangsung mulai 6-7 November 2021. Di samping Musdalub, kegiatan juga diisi dengan Pelatihan Tunas I dan Pelatihan Tunas II, sebagai bagian dari jenjang pengkaderan internal.

Loading...

Tidar merupakan organisasi sayap Partai Gerindra untuk menjaring segmen anak muda. Saat ini pimpinan pusat Tidar diketuai Aryo Djojohadikusumo.

Hadir pula dalam kesempatan Musdalub tersebut Waketum DPP Partai Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Sekjen PP Tunas Indonesia Raya sekaligus Anggota DPR RI Moreno Soeprapto, Sekretaris DPD Partai Gerinda Jatim Kharisma Febriansyah.

Berita Terkait