jatimnow.com
Mayjen Suharyanto Dilantik Presiden Jokowi Jadi Kepala BNPB

Presiden Jokowi melantik Mayjen Suharyanto sebagai Kepala BNPB di Istana Negara (Foto: Dok Setkab via Republika)

jatimnow.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Mayjen Suharyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/11/2021).

Suharyanto menggantikan Letjen Ganip Warsito yang memasuki masa usia pensiun.

Dengan jabatan yang diemban, Suharyanto akan mendapat kenaikan pangkat menjadi Letnan Jenderal (Letjen).

"Mayjen TNI Suharyanto menggantikan Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito yang sebentar lagi akan memasuki masa purnatugas," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Abdul menjelaskan, pelantikan Mayjen Suharyanto sebagai Kepala BNPB didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 140 P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Karier militer abiturien Akmil 1989 ini dimulai dari Yonif Linud 612/Modang hingga peraih bintang satu sebagai Kepala Biro Kepegawaian Settama Badan Intelijen Negara (BIN) pada 2016-2017, Direktur Kontra Separatisme Deputi III BIN periode 2017-2018, Kasdam Jaya pada 2018-2019, Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) pada 2019-2020, dan Pangdam V/Brawijaya pada 2020-2021.

Acara pelantikan diawali dengan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh pembacaan Keppres oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti. Selanjutnya dilakukan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Jokowi mendiktekan sumpah jabatan kepada Suharyanto.

 

Lihat Artikel Asli

Loading...

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Berita Terkait