jatimnow.com

Turun dari Puncak Sejati Gunung Raung, Pendaki ini Mendadak Pingsan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Rony Subhan
Proses evakuasi pendaki yang mendadak pingsan saat turun dari Puncak Sejati Gunung Raung 🔍
Proses evakuasi pendaki yang mendadak pingsan saat turun dari Puncak Sejati Gunung Raung

Banyuwangi - Seorang pendaki Gunung Raung bernama Estevanus Jacques Carlo tidak sadarkan diri alias pingsan. Pendaki berumur 39 tahun asal Karawang, Jawa Barat itu dirawat intensif di Rumah Sakit (RS) Bhakti Husada Glenmore, Banyuwangi.

Estevanus dan kawan-kawannya menuju puncak Gunung Raung melalui jalur Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Rasa sakit baru dirasakannya saat turun pada Senin (29/11/2021).

"Korban mengeluh sakit setelah perjalanan turun dari Puncak Sejati ke Pos 8," terang Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Kabupaten Banyuwangi, Ismanto, Selasa (30/11/2021).

Loading...

Menurut Ismanto, evakuasi terhadap pendaki itu dilakukan BPBD, kepolisian bersama warga.

"Pagi kita mulai naik ke Pos 8 karena hujan dan medan sulit dilalui. Akhirnya kita sampai di perkampungan sore hari," jelas dia.

Korban mendaki bersama 8 temannya. Di Pos 8, korban dievakuasi setelah salah satu rekannya meminta pertolongan di pos pendakian yang berada di Dusun Wonorejo.

Sementara Kapolsek Kalibaru, AKP Abdul Jabar menyebut bahwa pendaki itu sudah dievakuasi dan tengah dirawat di rumah sakit.

"Kami mendapat laporan ada pendaki yang sakit dan pingsan saat akan turun gunung. Korban di Pos 8," terangnya.

 

Loading...