jatimnow.com

Ini Daftar Sementara Wilayah Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
🔍

Jawa Timur - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami Erupsi, Sabtu (4/12/2021). Peningkatan aktifitas terpantau sejak pukul 14.47 WIB waktu setempat.

Dari erupsi Gunung Semeru itu, tiga desa di dua kecamatan telah terdampak Awan Panas Guguran (APG). Diantaranya Desa Supiturang, Desa Curah Kobokan di Kecamatan Pronojiwo dan Desa Candipuro kecamatan Sumberwuluh.

"Agen Bencana Provinsi Jatim dan TRC PB BPBD Kabupaten Lumajang menuju lokasi untuk assesment dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru," ujar Kepala Pelaksana BPBD Jatim Budi Santosa, kepada jatimnow.com, Sabtu (4/12/2021).

Loading...

Baca Juga: Semeru Erupsi, Polda Jatim Terjunkan Ratusan Personel Bantu Warga Terdampak

Sementara ini, belum ada korban jiwa yang telah teridentifikasi. Warga juga diimbau untuk menjauhi Daerah Aliran Sungai (DAS) Mujur, Curah Kobokan dan DAS lainnya yang dimungkinkan dialiri guguran awan panas.

Ia juga menambahkan, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk melakukan evakuasi serta pembuatan posko pengungsian.

"BPBD Kabupaten Lumajang berkoordinasi dengan perangkat desa setempat," tegasnya.

Sementara hingga saat ini, visual Gunung Semeru masih tertutupi kabut, diiringi hujan dengan skala sedang, dan aktivitas APG masih terus berlangsung.

Loading...