jatimnow.com

NasDem Diminta Jadi Partai Modern dan Manfaatkan Fasilitas Digital

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
DPD Partai NasDem Surabaya menggelar pendidikan politik di Hotel Wyndham. (Foto: Niam Kurniawan/jatimnow.com) 🔍
DPD Partai NasDem Surabaya menggelar pendidikan politik di Hotel Wyndham. (Foto: Niam Kurniawan/jatimnow.com)

Surabaya - Partai NasDem menargetkan penambahan kursi legislatif melalui pendidikan partai. Untuk kesuksesan itu, pengamat politik asal Universitas Trunojoyo, Madura, Surokim Abdussalam meminta kepada Partai NasDem untuk menjadi partai yang modern.

Ciri partai modern, kata Surokim harus melakukan pola-pola kerja politik yang terdigitalisasi dengan masif dan konsisten. Salah satunya dalam bentuk edukasi kepada masyarakat umum.

"Jadi kalau melihat ceruknya NasDem yang banyak diisi oleh kaum perempuan, lalu milenial, dan urban, maka saya kira ini relevan, mendorong Partai NasDem menjadi partai yang digital,” ujar Surokim saat mengisi kegiatan pendidikan politik yang digelar DPD NasDem Surabaya, Minggu (5/12/2021).

Loading...

Menurutnya, semua partai termasuk NasDem Surabaya harus bersiap di tengah era disrupsi di tengah persaingan partai yang sangat ketat.

"Triple disruption ini juga akan dihadapi oleh partai politik. Jadi bagaimana supaya dapat mengatasi gejolak digitalisasi. Menurut saya sangat penting bagi Partai NasDem untuk menyiasati, karena kompetisinya relatif sangat ketat,” jelasnya.

Sedangkan Ketua DPD NasDem Surabaya Robert Simangunsong mengatakan dalam Pemilu 2024 mendatang pihaknya menargetkan perolehan kursi NasDem bisa bertambah.

"Target kita dua kursi setiap dapil. Sampai saat ini Surabaya masih 5 dapil. Jadi kita targetkan 10 kursi. Bila kemudian ada pemekaran dapil kita akan menyesuaikan,” ujar Robert,

Untuk kemenangan itu, akan ada beragam strategi diterapkan. Salah satunya menguatkan pondasi struktur partai disetiap kelurahan. Ia menargetkan memiliki 8.470 kader d seluruh Surabaya, di setiap kelurahan ditargetkan memiliki 55 kader.

Selain itu, DPD NasDem Surabaya juga akan menerjunkan 2 kader di setiap tempat pemungutan suara (TPS). Diperkirakan ada 1.000 TPS. Sehingga sebanyak 20.000 kader partai akan disebar.

"Selain itu, setiap wakil ketua di DPD juga harus memiliki jejaring di sosial media yang diikuti oleh minimal 200 orang. Dan saat ini kita punya 19 wakil ketua, belum termasuk wakil ketua sekretaris dan bendahara di tiap-tiap bidang. Kalau dihitung totalnya 50 orang, tinggal dikalikan saja berarti ada 10 ribu nantinya,” terang Robert.