jatimnow.com

Kejuaraan Tembak Reaksi AA-IPSC Level III Digelar, Awaludin Ilham Sabet 3 Medali

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Achmad Supriyadi
Awaludin Ilham (dua dari kanan) saat menerima piala Kejuaraan Tembak Reaksi AA-IPSC Level III 🔍
Awaludin Ilham (dua dari kanan) saat menerima piala Kejuaraan Tembak Reaksi AA-IPSC Level III

Solo - Kejuaraan Tembak Reaksi AA-IPSC Level III pertama di Indonesia digelar di Solo, Jawa Tengah. Event ini merupakan agenda pertama dan resmi dari IPSC Pusat sejak bernaung di PB Perbakin.

Ketua Panitia atau match director, Ari Bowo mengatakan, pendaftaran yang dilaksanakan secara online hanya dalam waktu lima menit langsung habis. Event yang dinanti shooters se Indonesia dalam 10 tahun terakhir ini digelar pada Sabtu-Minggu, 4 dan 5 Desember 2021.

"Peserta memang kita batasi hanya sekitar 200 peserta karena memang masih masa pandemi. Dan karena antusias peserta yang luar biasa, kemarin kita menambah 20 slot. Jadi total 220 dan masih banyak yang harus waiting list karena kalau tidak kita batasi bisa tembus 300 peserta," kata Ari Bowo, Senin (6/12/2021).

Loading...

Ia menambahkan, peserta yang ikut dalam kejuaraan ini dari Sumatera hingga Papua. Sehingga top shooter tumplek blek di AA-IPSC Level III dengan 12 stage ini.

"Selain itu yang ditunggu para shooter karena ada president medal yaitu medali yang disiapkan khusus oleh President IPSC di Kanada untuk best of the best, hanya untuk juara 1 overall dan juara 1 kategori," beber dia.

Menurut Ari, event ini sejatinya sudah direncanakan digelar Tahun 2020. Namun karena pandemi, maka ditunda pada akhir Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Solo Speed Shooter, Perbakin Pemprov Jateng dan Satbrimob Polda Jateng.

"Setelah pandemi agak menurun kita putuskan untuk melaksanakannya atas izin Satgas Covid-19 dan dengan protokol kesehatan yang ketat saat lomba serta IPSC pusat Canada menyetujui baru boleh diadakan. Lomba tembak level III ini sudah dinanti shooters 10 tahun baru terlaksana kali pertama di Indonesia," ungkapnya.

Masih kata Ari, ada beberapa divisi, yaitu Divisi Open, Divisi Standard, Divisi Production, Divisi Rifle dan Non AA-IPS serta kategori overall senior, lady, junior dan super junior.

Dari event ini, atlet M Awaludin Ilham asal Jawa Timur menyabet juara 2 divisi standart, juara 2 divisi rifle dan juara 2 kategori overall.

"Jadi harapannya nanti level III ini bisa menjadi agenda resmi setiap tahun," pungkasnya.