jatimnow.com

Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Guguran, Warga Sumbermujur Waspada

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Mahfud Hidayatullah
Gunung Semeru kembal mengeluarkan luncuran awan panas guguran. Meski tidak mengarah ke desanya, namun warga Sumbermujur tetap waspada. (Foto: Mahfud Hidayatullah/jatimnow.com) 🔍
Gunung Semeru kembal mengeluarkan luncuran awan panas guguran. Meski tidak mengarah ke desanya, namun warga Sumbermujur tetap waspada. (Foto: Mahfud Hidayatullah/jatimnow.com)

Lumajang - Gunung Semeru kembali mengeluarkan luncuran awan panas guguran (APG) dari mulut kawah.

Dari pantauan kejadian, luncuran awan panas guguran tempak terlihat pada Selasa (7/12/2021)  pagi sekitar pukul 05.00 WIB.

Purwanto salah satu warga Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang membenarkan adanya peristiwa itu. "Iya benar, ada luncuran awan panas guguran terjadi, ini warga keluar rumah melihat langsung kejadiannya," katanya.

Loading...

Baca Juga: Gunung Semeru Keluarkan Lava Pijar

Namun kata Purwanto saat ini arah guguran awan panas menuju ke selatan yakni wilayah Curah Gobokan Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo dan Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro.

"Meski arahnya tidak sampai ke arah desa kami namun tetap waspada," jelasnya. Bahkan tadi malam Gunung Semeru juga terlihat memuntahkan lava pijar.

Loading...