Pixel Code jatimnow.com

Cicipi Sambel Wader, Kuliner Khas Mojokerto di Kawasan Wisata Sejarah Trowulan

Editor : Arina Pramudita
Warung Sambel Wader Cak Mat. (Foto-foto: Safrial Anggra/jatimnow.com)
Warung Sambel Wader Cak Mat. (Foto-foto: Safrial Anggra/jatimnow.com)

Mojokerto - Wisatawan yang bertandang ke kawasan wisata sejarah Trowulan, Kabupaten Mojokerto, wajib mencicipi si kecil nan gurih bernama ikan wader. Salah satu yang terkenal adalah Warung Sambel Wader dan Botok Cak Mat.

Berlokasi di Jalan Pendopo Agung, Nglinguk, Trowulan, kuliner khas Mojokerto ini digandrungi semua kalangan usia.

Berdiri sejak 1992 oleh pasangan suami istri Mat Bashori dan Siti Maspupah, keduanya bisa menjual 25 kilogram ikan wader setiap harinya. Stok ikan diperoleh petani sekitar.

"Tidak tentu kalau stoknya, menyesuaikan yang didapat oleh petani sekitar. Kalau dapetnya 25kg ya kita ambil segitu dan segitu juga kita jual dan kadang tidak menjual wader," ujar Siti saat ditemui di warungnya, Senin (13/12/2021).

Warung Sambel Wader Cak Mat, Trowulan.Warung Sambel Wader Cak Mat, Trowulan.

Keunggulan menu wader dari warung Cak Mat, kata Siti, karena menggunakan bahan-bahan segar, termasuk untuk pembuatan sambel. Tomat, cabai, bawang merah, bawang putih, dan jeruk nipis, seluruhnya dikontrol dan diolah langsung di dapur mereka saat ada pesanan.

Tak jarang, saking ramainya pelanggan di warungnya, Siti dan Cak Mat harus menambah karyawan secara dadakan. Saat ini, Siti telah dibantu 6 orang pekerja.

"Kalau ramai bisa sampai nambah karyawan yang diajak oleh karyawan lainnya," jelasnya.

Seporsi nasi sambel wader dibanderol harga Rp 15 ribu. Dari usaha kuliner ini, Cak Mat bisa meraup omzet hingga puluhan juta per minggu.

"Tergantung (pelanggan yang datang). Kalau kayak kemarin awal pandemi paling sehari dapet 600-700 ribu. Tapi pas rame-ramenya ya seminggu bisa sampai puluhan juta, ya sekitar 25 sampai 30 jutaan lah," aku Siti.

Rachmat Hartono (38) pengunjung asal Jombang mengaku sering berkunjung ke Warung Cak Mat saat berlibur ke Trowulan. Menurutnya, sambel racikan warung Cak Mat memiliki cita rasa segar yang menggoda.

"Sering saya ke sini sama keluarga saat liburan. Wader sama sambelnya itu seger soalnya. Sambelnya dibuat pas baru ada yang pesen jadi enak," katanya.

Bagi yang ingin mencicipi sensasi pedas sambel wader, bisa datang mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Selain ikan wader, juga tersedia menu belut, ayam, lele, gurami, bawal dan berbagai botok.

Reporter: Safrial Anggra