jatimnow.com

Momen Kirab Obor Pesonas 2022 Tiba di Ponorogo

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menerima obor Pesonas 2022 (Foto: Humas Pemkab Ponorogo) 🔍
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menerima obor Pesonas 2022 (Foto: Humas Pemkab Ponorogo)

Ponorogo - Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menerima obor Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022 yang telah sampai di Bumi Reog, Selasa (28/12/2021).

"Ini merupakan olimpiade yang diikuti anak disabilitas, yang biasa disebut dengan anak bertalenta khusus," kata Ketua Pelaksana Pesonas 2022, Ony Suharsono.

Menurut Ony, Kirab Obor Pesonas 2022 ini untuk menggelorakan semangat dan mengenalkan kompetisi olahraga dan nonolahraga serta memperhatikan anak-anak bertalenta khusus.

"Yang jelas mencoba menghadirkan di dalam lingkungan kita keberadaan adik-adik yang kurang kita perhatikan, anak-anak bertalenta khusus. Kami bukan menyebut disabilitas, tapi bertalenta khusus," ungkap dia.

Loading...

Ony mengaku bahwa Pesonas ini dilaunching di Manahan, Solo pada 9 Desember 2021. Serta akan dilaksanakan pada 9-11 Juli 2022 dengan 11 cabang yang akan dilombakan.

Dia menginginkan talenta anak-anak menyanyi, bermain musik, melukis dan kemampuan lain terlihat. Dia mencoba menggagali di setiap daerah, bukan melahirkan kejuaraan tetapi memberi ruang anak bertalenta khusus.

"Saya harap jika ada yang bisa membuat kerajinan tas. Kemudian diproduksi secara massal dan dipasarkan. Tujuannya, untuk memberi peluang usaha bagi anak bertalenta khusus," tambahnya.

Sementara Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menjelaskan, sebagai orang normal, pihaknya ingin bersanding dengan anak-anak tersebut.

"Kami akrab dengan mereka, batik ciprat juga ada hasil dari Karangpatihan, Balong," tutur Sugiri.

Menurutnya, Pesonas 2022 selain bisa mengambil juara, juga membawa spirit dan empati. Bahwa talenta anak-anak ini harus didukung.

"Mari kita pikirkan bersama, kita gelorakan bersama. Selamat, semoga acara Pesonas lancar dan sukses," pungkasnya.