jatimnow.com

Lima Hari Hilang, Nelayan Situbondo Ditemukan di Pulau Kapoposan Sulsel

Editor : Arina Pramudita
Nelayan Situbondo yang hilang ditemukan di perairan Sulawesi Selatan. (Foto: Humas Polres Situbondo/jatimnow.com) 🔍
Nelayan Situbondo yang hilang ditemukan di perairan Sulawesi Selatan. (Foto: Humas Polres Situbondo/jatimnow.com)

Situbondo - Dua orang nelayan yang dilaporkan hilang sejak 24 Desember 2021, ditemukan di Pulau Kapoposan Bali, Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan, dalam keadaan Selamat, Kamis (30/12/2021).

Sebelumnya Satpolairud Polres Situbondo bersama Basarnas, BPBD Situbondo dan relawan serta masyarakat Situbondo melaksanakan SAR menggunakan perahu karet di sekitar perairan Situbondo, meliputi Perairan Mimbo sampai Perairan Lempuyang Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

"Kronologi kejadian nelayan hilang pada hari Jumat (24/12/2021) sekira pukul 14.30 WIB. Nelayan setempat atas nama Taufik (50) warga Muncar Kabupaten Banyuwangi dan Poniran (50) warga Wonorejo Kecamatan Banyuputih Situbondo. Berangkat melaut mencari ikan (memancing) di perairan laut Pandean dengan menggunakan perahu pancingan milik pak Masruri jenis Fiber Kennedy warna biru telur asin dan merah maroon," tulis Humas Polres Situbondo dalam keterangan yang diterima redaksi.

Loading...

Usai mencari ikan di Perairan Takat Mas Pandean, Banyuputih, kedua nelayan tersebut akan pulang namun karena cuaca gelap, mereka akhirnya terdampar di perairan Sulawesi Selatan.

"Selama terombang-ambing di laut, keduanya hanya makan mie instan sisa bekal untuk dua hari bahkan minum air laut untuk menghilangkan rasa lapar dan haus," jelasnya.

Saat terombang-ambing di laut, mereka ditemukan nelayan Sulawesi Selatan dan diberikan bantuan BBM 5 liter sehingga bisa berlabuh di Pulau Kapoposan Bali, Kabupaten Pangkajene, dalam keadaan selamat.

"Informasi dari SAR Surabaya/Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya, keduanya berhasil diselamatkan nelayan di Pulau Kapoposan Bali Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan dalam keadaan selamat dan saat ini ditampung dirumah warga setempat atas nama Bapak Niran," urainya.

Personil gabungan yang terlibat dalam pencarian di antaranya Pos Pencarian dan Pertolongan Jember, BPBD Situbondo, Polairud Situbondo, Polsek Banyuputih, Koramil Banyuputih, Masyarakat, BP Bondowoso, Polhut, Tagana, Bagana, WMI Care, Potensi SAR Radio Bali, dan SAR MTA Banyuwangi.

Loading...