jatimnow.com

Terlibat Pembegalan di Surabaya, Dua Anggota Geng Motor Diringkus

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Dua anggota geng motor yang terlibat pembegalan di Surabaya (Foto: Satreskrim Polrestabes Surabaya) 🔍
Dua anggota geng motor yang terlibat pembegalan di Surabaya (Foto: Satreskrim Polrestabes Surabaya)

Surabaya - Kasus perampasan (begal) motor di Kota Pahlawan, dibongkar Unit Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya. Dua anggota geng motor yang terlibat berhasil ditangkap.

Dua begal itu berinisial SL (31) dan MR (21), keduanya asal Jalan Tambak Gringsing Lama, Surabaya. Keduanya diburu karena teridentifikasi berkasi di tiga lokasi, yaitu Jalan Rajawali, Jalan Gubernur Suryo dan Jalan Pahlawan.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Mirzal Maulana mengatakan, komplotan ini berjumlah puluhan orang. Dua berhasil ditangkap, sedangkan pelaku lain berinisial MJ, IP, BN, IK, AR, DF, AP, AB, KC dan MF masih diburu.

Loading...

"Dua pelaku berhasil kita amankan di rumahnya masing-masing di Jalan Tambak Gringsing. Sementara 10 pelaku lainnya kami tetapkan sebagai DPO dan sedang kami buru," ujar Mirzal, Rabu (5/1/2022).

Mirzal menjelaskan, kasus ini terungkap setelah SL dan kelompoknya terindikasi membegal motor di Jalan Rajawali, Surabaya pada malam tahun baru atau Jumat (31/12/2021).

Korban SLM yang saat itu mengendarai motor, langsung dihentikan oleh SL dan komplotannya. Kemudian SL dan rekan-rekannya memukuli korban dan merampas motor serta barang-barang berharga milik korban.

"Ketika hendak merampas, kedua pelaku ini bersama rekan-rekannya (DPO) melakukan konvoi keliling kota untuk mencari sasaran. Setelah mendapatkan sasaran, mereka merampas motor dan memukuli korban," tutur Alumni Akpol Tahun 2004 tersebut.

Setelah korban tak berdaya, motornya dibawa kabur. Beruntung saat itu ada pengendara yang melintas, sehingga korban ditolong kemudian melapor ke Polrestabes Surabaya.

Mendapat laporan itu, Kanit Jatanras AKP Agung Kurnia Putra dan Kasubnit Ipda Arie widodo melakukan penyelidikan. Namun, SL dan kelompoknya ternyata cukup licin karena kerap berpindah-pindah tempat usai beraksi.

"Dengan melakukan pengintaian pada malam Tahun Baru 2022, Tim Opsnal Jatanras melakukan cek TKP dan serangkaian penyelidikan. Setelah melakukan profiling dan mendapatkan informasi keberadaan pelaku, tim bergerak ke daerah Tambak Gringsing lalu menangkap dua pelaku," beber Mirzal.

Dari hasil pemeriksaan sementara, selama beraksi mereka selalu bersama 10 temannya dengan cara berkonvoi menggunakan motor.

"Bisa dibilang mereka ini geng motor. Untuk 10 pelaku lain sudah berhasil kita identifikasi. Kelompok ini tercatat sudah beraksi di tiga TKP di beberapa wilayah Surabaya. Tapi kasusnya masih akan kami dalami dan kembangkan," tegas dia.

Selain dua pelaku, Tim Jatanras juga menyita sebuah motor Honda Beat yang biasanya dipakai pelaku untuk mencari sasaran dan dua stel baju seperti pada video CCTV yang merekam aksi mereka.