jatimnow.com

Tinjau Relokasi Huntara Semeru, Khofifah Puji Kinerja Forkopimda Lumajang

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Gubernur Khofifah saat meninjau lokasi Huntara korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang. (Foto: Dok Pemprov Jatim) 🔍
Gubernur Khofifah saat meninjau lokasi Huntara korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang. (Foto: Dok Pemprov Jatim)

Lumajang - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi kecekatan kerja Forkopimda Kabupaten Lumajang yang telah menyiapkan hunian sementara (Huntara) dan hunian tetap (Huntap) untuk warga korban erupsi Gunung Semeru.

"Kita semua harus memberikan apresiasi yang luar biasa. Saya sendiri tidak menyangka bahwa ada percepatan yang luar biasa dan penyiapan huntara ini mulai dari proses perizinan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, land clearing juga sangat cepat hingga sekarang sampai pada proses pemadatan akhirnya siap bangun," ucap Khofifah, Rabu (5/1/2022).

Nantinya, masing-masing keluarga akan mendapat bagian tanah kavling dengan ukuran 10x14 meter lengkap dengan bangunan ukuran 10x14 meter. Saat ini proses pemadatan telah mencapai 41 hektare dari total 81 hektare yang direncanakan.

Lokasinya berada di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Lahan tersebut berkapasitas tampung sebanyak 2000 rumah lengkap dengan fasum, fasos serta fasilitas ekonomi. Proses ini melibatkan tim Kodim 0821 Lumajang, Yon Zipur 10, BBWS Brantas, serta Polres Lumajang dan PUPR.

Loading...

Selain di, Kecamatan Candipuro, pembangunan Huntara dan Huntap juga dibangun di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo dengan luas 9,4 hektare. Saat ini proses izinnya sedang dalam tahap pengajuan ulang karena ada pergeseran lokasi.

"Selain itu, huntara ini akan bisa menggerakkan ekonomi para penghuni di sini karena ada sektor ekonomi yang disiapkan sesuai dengan kultur masyarakatnya yaitu berkebun, bertani dan beternak. Di mana, akan ada peternakan yang disiapkan di area ini," jelasnya.

"Dan yang lebih penting lagi area ini jauh dari aliran lahar dingin maupun awan panas guguran Semeru," imbuh Khofifah.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengapresiasi dukungan Gubernur Khofifah. Ia mengaku, sinergitas yang terjalin antara Pemerintah Provinsi Jatim dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang berjalan harmonis, sehingga evakuasi dan perbaikan dapat berjalan cepat.

"Terima kasih saya haturkan sedalam-dalamnya untuk Gubernur kita yahg tercinta. Berkat dukungan dan kerjasama kita semua, Alhamdulillah upaya-upaya yang kita lakukan untuk masyarakat dapat terlaksana dengan baik dan cepat," ucap Thoriq.

Turut hadir Kepala Bakorwil Jember, Kalaksa BPBD Prov. Jatim, Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jatim, Kepala Dinas PR KP dan CK Provinsi Jatim, Kepala Dinas Kehutanan Jatim, serta Dinas Sosial Jatim.

Loading...