jatimnow.com

Masyarakat di Bangkalan Rasakan Getaran Gempa Magnitudo 4,1

Editor : Arina Pramudita Reporter : Jajeli Rois
BMKG mencatat gempa bumi terjadu di perairan Bangkalan. (Foto: website BMKG/jatimnow.com) 🔍
BMKG mencatat gempa bumi terjadu di perairan Bangkalan. (Foto: website BMKG/jatimnow.com)

Bangkalan - Masyarakat di wilayah Kabupaten Bangkalan merasakan guncangan akibat gempa bermagnitudo 4,1 yang terjadi di perairan Bangkalan yang berlangsung pukul 15.18 WIB.

"Saya tadi pas di halaman rumah merasakan guncangan seperti melayang," ujar H Imam Alfarizi, warga Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Sabtu (15/1/2022).

Baca juga: Gempa Magnitudo 4,1 Guncang Perairan Bangkalan Madura

Loading...

Alfarizi mengatakan, tidak terlihat lampu rumah atau benda di sekitarnya berguncang, juga tidak ada genting rumah warga yang terdampak.

"Getarannya terasa sebentar. Saya tidak tahu kenapa. Tapi saya rasa seperti lendu (lindu/gempa)," tuturnya.

Karena guncangan tersebut, ia pun memutuskan masuk ke dalam rumah dan mencari istrinya.

"Saya tanya ke istri saya. Apakah terasa goyang tadi. Kata istri saya, malah terasa dua kali getaran seperti lendu," jelasnya.

Berbeda dengan Alfarizi, Muchlis warga Sepulu lainnya justru mengetahui adanya gempa dari kabar sekitar. Ia mengaku tak merasakan guncangan.

"Memang waktu kejadian, saya tidak merasakan karena sedang tidur. Setelah mendengar kabar adanya gempa di Bangkalan, saya tanya ke tetangga saya, dan mereka menyatakan merasakan goyangan seperti lendu. Alhamdulillah, dampaknya gempa tidak terlalu besar," ujar Muchlis.

Sebelumnya, gempa tektonik bermagnitudo 4,1 mengguncang perairan Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (15/1/2022) sekitar pukul 15.18 WIB.

Lokasi gempa berada di 7.25 LS, 112.92 BT dan pusat gempa berada di laut 23 km tenggara Bangkalan, dengan kedalaman 14 kilometer.